Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Entah dari mana awalnya tiba-tiba anak saya yang masih berusia 7 tahun ingin dibelikan sebuah Biola, kupikir Biola mainan namun ternyata anak saya ingin biola sungguhan yang sering dia lihat di Youtube, ohh.. mungkin itu dia yang menyebabkan anak saya ingin memiliki Biola.

Hal pertama yang membuat saya sedikit kebingungan adalah menemukan Toko Alat-alat musik Bukan karena saat ini saya tinggal di Cianjur, namun karena saya belum pernah membeli alat musik sehingga kurang mengetahui mengenai toko penjual serta harga biola tersebut.

Mencari toko alat-alat Musik di Cianjur

Sebelum berangkat, saya mencoba membuka google maps dan google street view untuk mencari Toko penjual alat-alat musik di sekitar cianjur, dan akhirnya menemukan sebuah toko alat musik yang bernama Sinar Mas Jaya Sport.

Toko alat musik yang berlokasi di sekitar Jl. HOS Cokroaminoto Cianjur ini akhirnya saya temukan, namun saya sedikit heran karena toko tersebut terlihat dari luar hanya menjajakan perlengkapan Olah Raga seperti sepatu, jersey, raket, bola serta Piala. sedikitpun saya tidak melihat alat musik satupun yang dipajang.

Meski demikian, saya mencoba bertanya dengan penuh keraguan "Mbak... disini jual alat musik ya?", seorang pegawai lantas bertanya mengenai jenis alat musik yang akan saya beli, lalu saya katakan "Biola ada?"... pegawai itupun langsung mengatakan bahwa Alat musik yang saya inginkan memang ada dan dia membawa saya ke lantai 2 toko tersebut, dan ternyata disanalah tempatnya.

Sepertinya toko itu memiliki alat musik yang lengkap, berbagai gitar, organ, drum serta alat musik lainnya cukup banyak, bahkan ketika melihat stock Biola pun terdapat puluhan Biola yang dipajang.

Berapa harga Biola Baru

Membeli dan Belajar Biola BaruKemudian berlanjut ke harga biola tersebut, melihat anak saya kegirangan saya pun senang, namun sesaat setelah mengetahui harga biola tersebut sayapun sedikit menelan ludah, Biola itu di Bandrol seharga Rp. 880ribu... buset dah... kirain bisa 2 atau 3 ratus ribuan.

Karena gak mau mematahkan semangat anak, saya mencoba menawar Harga biola tersebut dan akhirnya mendapat harga Rp. 750 ribu untuk biola tersebut.

Biola baru enggak bunyi

Sesampainya di rumah, anak saya tak sabar untuk memainkan Biola tersebut, namun ternyata Biola baru itu tidak mengeluarkan bunyi meski sudah di gesek gesek oleh penggeseknya yang ternyata bernama Bow itu.

Kupikir saya salah membeli atau merasa bahwa biola yang saya beli dalam keadaan rusak, namun sebelum kembali ke toko tersebut saya pun mencoba googling untuk mencari tahu cara penyetelan atau pengaturan biola baru, dan ternyata memang ada hal yang harus dilakukan pada bow agar ketika di gesekan ke biola dapat mengeluarkan nada atau bunyi.

Menggosok Bow dengan Resin

Pada saat membuka kemasan biola baru tersebut, saya memang melihat sebuah benda berwarna kuning bening mirip kaca dan itu namanya Resin. Sesuai dengan petunjuk yang didapat dari googling, saya langsung menggosok bow dengan resin tersebut, setelah beberapa kali resin di gosok pada bow, saya lihat resin itu permukaannya berubah menjadi kotor, kaya debu lengket gitu, kalo bahasa sunda "Siga Daki".

Namun ternyata Biola masih belum juga mengeluarkan bunyi meski saya sudah menggosoknya dengan Resin, saya pun mengklaim bahwa ini biola emang rusak, harus di tukerin. Namun lagi-lagi, saya penasaran dengan resin yang kotor tersebut, saya coba membersihkannya hingga kembali bening dan mulai menggosok bow lagi, dan kali ini nampak permukaan resin itu seperti aus karena gesekan, dan hair bow pun terlihat lebih berwarna krem pekat.

Setelah saya coba di gesekkan ke biola, akhirnya biola itu mengeluarkan bunyi, hohoho... ternyata menggeseknya tidak susah, jangan terlalu pelan dan jangan terlalu kencang, yang penting resinnya nampak terkikis oleh hairbow tersebut sehingga hairbow itu dipenuhi serbuk dari resin yang digesekan.

Mulai Bermain Biola

Ngeekk...ngookk...Ngeekk...ngookk..., itulah awal saya membunyikan Biola baru. Langkah selanjutnya adalah mengatur atau menyetem senar biola, hmm... bingung lagi nih, kalo menyetel gitar sih masih bisa, ini kan biola.. ada fine tunning segala.

Lagi-lagi, embah Google saya tanya dan akhirnya menemukan sebuah tool / aplikasi smartphone android yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menyetel senar biola.

Aplikasi Android ini bisa di download di google play store dengan keyword Violin Tunning, Violin setup atau sejenisnya, bisa juga dengan keywords menyetel Biola baru.

Labels: , , , , , ,



| Cari Membeli dan Belajar Biola Baru di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch