Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Ini adalah pengalaman saya memperbaiki sendiri motor MIO ngden di tanjakan, Sebelum dibawa ke bengkel mungkin tips ini bermanfaat

Karena motor Mio saya beli dari delaer MOKAS, Selama ini saya kurang menyadari kenapa motor mio saya sangat sulit untuk di Gas, bahkan jika mesin masih dingin ketika menemukan jalan yang sedikit menanjak tuh mio malah ngeden, apa penyebabnya?

Memperbaiki Motor Mio di bengkel

Sebelumnya saya sudah mengganti blok CVT di dealer resmi agar tarikan MIO jadi lebih kencang, namun tetap saja, tekhnisi malah mengatakan... Ini motor gak bisa langsung ditarik gas, harus perlahan lahan. Yah... percuma deh menghabiskan Rp. 800 ribu tapi hasilnya gak memuaskan.

Memperbaiki sendiri

Lagi-lagi... ini modal nekad, kucoba bongkar Karburatornya, setelah melepas vacum skep kulihat jarum skep bergoyang goyang seolah tidak memiliki penahan atau pin yang biasanya digunakan untuk menahan jarum skep agar tidak goyang.

Sedikit kesulitan pada saat mencoba membuka jarum skep, didalam skep terlihat plastik segi enam mirip kepala baut, kupikir itu baut sehingga aku berusaha memutarkan plastik segi enam tersebut namun tidak berhasil juga

Membuka Karbu Mio, Jarum Skep

Dengan niat ingin membeli vacum skep yang baru 1 set, kucoba bongkar secara paksa skep tersebut dengan cara mendorong jarum skep keatas... dan hanya satu ketukan ringan penahan jarum skep tersebut copot... dan ternyata... plastik segi enam yang nampak seperti kepala baut itu cara membukanya bukan diputar, melainkan ditarik... oh.. bodohnya aku

Setelah terbuka, ternyata benar saja jarum skep tersebut tidak memiliki penahan sehingga jarum tersebut goyang, bahkan bisa naik turun sekitar 1cm, kupikir ini dia penyebabnya kenapa motor mio saya ketika langsung di Gas malah ngeden. Logikanya ketika gas langsung ditarik pull, kevakuman menyebabkan jarum karburator mio langsung naik ke atas

Memperbaiki Carburator Yamaha Mio

Kemudian kucoba membuat penahan untuk jarum skep dari bahan plastik. Kebetulan saya memiliki koleksi prototype tamiya, banyak prototipe dari plastik yang memiliki bahan cukup bagus untuk menahan panas, lihat gambar dibawah.

Maaf jika saya salah dalam menuliskan bahasa tahnik, sekali lagi saya bukan montir, namun terpaksa menjadi montir untuk motor sendiri, dan gambar diatas merupakan Skema perbaikan Karburator Mio

Kini Mio ngeden menjadi bertenaga

Setelah melakukan perbaikan seperti ini, alhasil motor mio saya bisa langsung digas walaupun ketika sedang dikendarai, tarikan jadi lebih kencang dan jadi lebih tangguh di tanjakan

TIPS, jika anda akan membeli motor Matic 2nd, hendaknya di tes di jalan yang sedikit menanjak. Pada saat menggunakan standar dua, motor matik memang bisa langsung di pelintir gas nya secara full tanpa terlihat ngeden, ngeden hanya dapat dirasakan ketika motor ditunggangi

Labels: , , , , ,



| Cari Cara Memperbaiki penyebab motor MIO ngeden di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch