Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Kembali ke 99designs, salah satu perusahaan yang memberikan layanan desain grafis berbasis online ini sepertinya sedang melakukan pembenahan besar-besaran di penghujung tahun 2015 ini, salah satu pembenahan yang mereka lakukan adalah dengan cara mensuspend designer yang terindikasi memiliki akun ganda.

Semuanya di suspend [99design]Boleh dikatakan di penghujung tahun 2015 ini merupakan bencana bagi mereka yang kena suspend di 99designs, otomatis adanya hal ini menyebabkan sumber penghasilannya banyak berkurang bahkan hilang.

Kebanyakan dari mereka hanya pasrah ketika setiap akunnya di suspend karena mungkin mereka tidak memiliki alasan kuat untuk banding, sudah jelas kan peraturannya adalah tidak boleh memiliki akun ganda.

Meski demikian ada beberapa desainer yang kecewa dengan keputusan tersebut, terutama para desainer yang salah satu akunnya sedang dalam proses handover atau sedang memenangkan kontes.

Bahkan adapula desainer yang dengan terang terangan mengatakan bahwa dia tidak punya akun ganda tapi kena suspend juga dengan alasan multiple akun.

Tidak semua desainer memiliki akun ganda berniat melanggar aturan

Contohnya begini... Awal mula bergabung dengan 99designs, seorang desainer mungkin masih dalam tahap rookie meski dia seorang desainer jago di dunia nyata  Dan seiring berjalannya waktu banyak pembelajaran yang dia dapatkan dari aktivitasnya mengikuti kontes desain.

Salah satunya adalah ingin tampak lebih professional, ini berarti dia ingin agar desain rookie nya dia tidak bercampur dengan desain pro nya saat ini, jadi saya pikir alasan desainer memiliki multiple akun adalah hanya ingin membuat portfolionya rapi dan tampak professional.

Begitupun yang saya rasakan ketika melihat folio pada kontes winner, desain pertama kali yang memenangkan kontes terkadang membuat saya geli sendiri, "Desain seperti ini kok bisa menang ya?" cukup membuat 3 huruf inisial yang ditengahnya diberi swoosh lalu dapat $300, fantyastis.

Berawal dari situlah kemungkinan akhirnya seorang user membuat akun lain agar memiliki folio yang lebih mantap, jika profilnya di lihat oleh orang lain. Hal ini juga dilakukan dengan penuh harap agar jika ada CH yang berjalan jalan ke profil dan melihat folio kemenangan tentunya akan memberikan kesan tersendiri.

Beralih ke Designs Crowd yang lain

Meski tidak hanya 99designs yang menyediakan peluang bagi freelance designer untuk mengais rejeki, namun tetap saja keadaan ini cukup meninggalkan luka tersendiri.

Saya pikir banyak yang setuju jika memang 99designs mengetahui seseorang memiliki multiple akun, alangkah baiknya jika mereka memberitahu terlebih dulu para designer sebelum mensuspend suspend, dan jika tak ada tanggapan atau pembelaan dari 99design barulah akunnya di suspend forever.

Maksudnya adalah agar desainer dapat mengatakan permintaan maaf dan mengajukan permohonan agar jangan seluruh akunnya di suspend, terutama akun jagoannya dia, kalo yang lain silahkan... tapi jangan yang satu ini.

Misalnya begini :

For undisclosed reasons, Our system was detected that you have multiple accounts. 
Your Account suspected is : 
  • User A
  • User B
  • User C
  • USer D
Please choose one account who will be your real account and the rest of them will be suspended .
You have 24 hours to response and decide before all of your account will be suspended.

We are a remote designer

Nah, sepertinya jika ada pemberitahuan semacam itu ke setiap akun ganda yang dimilikinya tentu saja para desainerpun akan dengan senang hati untuk memilih akun mana yang akan menjadi akun utamanya, secara psikologis... seseorang akan bergetar hatinya manakala dia ketahuan telah berbuat sesuatu, lebih jauh lagi dia akan merasa ketakutan, terlebih proses pendaftaran akun baru di 99designs saat ini tidak se instant dulu.

Dan dengan adanya pemberitahuan tersebut memungkinkan dapat membuat para desainer lebih jujur, dan bagi mereka yang tidak merasa memiliki akun ganda tentu dapat mengajukan banding.

Denger denger sih sekarang untuk memiliki akun di 99designs harus menunggu 3-6 bulan setelah mendaftar untuk bisa berpartisipasi, ah... belum mau nyoba ah... takut dibilang multiple akun.

Label: , , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Semuanya di suspend [99design] ini ditulis pada 12/30/2015, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Semuanya di suspend [99design] di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch