Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Tahu ga kalo sekarang di BBM droid sudah hampir enggak kelihatan iklan? asik kan? tapi tunggu dulu... ada cerita nih mengenai Android istri dan anak saya yang jadi super lemot alias lambat banget, padahal dulu-dulu enggak begitu, mau tahu penyebab kenapa android lambat? lanjutkan bacanya ya.

Dijaman yang serba cepat ini memang menyebalkan ketika kita harus berjalan dengan perangkat yang seolah menghambat kita untuk bekerja cepat, seperti halnya ketika Smartphone terasa lambat, sering hang dan sering error dan lebih jauh lagi jadi merasa kesal karena banyak aplikasi yang terinstal otomatis, banyaknya pop-up iklan dan lain sebagainya.

Penyebab Android Lambat

Saya sering mengingatkan pada istri ataupun anak saya agar menghindari beberapa aplikasi yang bisa menyebabkan android menjadi lambat, umumnya aplikasi-aplikasi tersebut merupakan Aplikasi jejaring sosial atau Media Sosial yang lebih dikenal dengan sebutan MedSos.

Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut menyimpan Data dan Cache yang cukup besar, bahkan jauh lebih besar daripada aplikasi itu sendiri. Seperti halnya Facebook yang ukuran istaller aplikasinya sekitar 30mb, namun setelah digunakan beberapa menit atau jam maka akan terlihat bahwa data yang disimpan aplikasi facebook lebih dari 100mb.

Bayangkan jika 1 aplikasi medsos menyimpan data sebesar itu sementara rom di hp berkapasitas kecil... tentu saja hal ini menjadi penyebab android menjadi lambat.

Banyaknya iklan menyebabkan android lambat

Kita juga sering menemukan aplikasi android yang sepertinya membuat kita akan senang menggunakannya karena berbagai fitur yang dimiliki aplikasi tersebut, salah satunya adalah fitur penghilang iklan.

Seperti UCBrowser, sebuah aplikasi browser yang menjanjikan penggunanya akan mendapat akselerasi berinternet dengan cepat karena mampu menghilangkan script-script yang memberatkan.

Namun setelah melakukan percobaan antara menggunakan UCBrowser dan tanpa UCBrowser, ada dua kesimpulan :
  1. Menggunakan UCBrowser : Cepat berinternet, handphone jadi lambat
  2. Tanpa UCBrowser : Kecepatan Handphone Normal, Browsing pun normal
So, mana yang akan dipilih? Kok tulisan ini jadi ga mengarah ya? Oke lah kita langsung saja ke intinya.

Cara Mempercepat Android lambat

Sebenernya penyebab lambatnya android adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan dibalik mesin, dalam bahasa kerennya yaitu Working On Background, nah agar aplikasi-aplikasi yang working on background tersebut tidak berjalan, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke "Setting", bukan setting google
  2. Cari menu "Developer Option", biasanya paling bawah
  3. Kemudian Cari "Background Process Limit", pilih "No Background Process"
  4. Kemudian pilih pula "Don't keep activities" yang berarti setiap aplikasi akan benar-benar di close, bukan di minimized.
  5. Setelah selesai, Restart Handphone dan coba rasakan bedanya.
Oh ya, mengenai Iklan di BBM droid hilang, sebenarnya hanya hilang dari feeds saja, BBM punya trik baru yaitu memunculkan iklan secara Pop-Up, bahkan ngedownload sendiri jika iklan itu berupa aplikasi. Saya pun merasa aneh ketika tiba-tiba ada beberapa aplikasi seperti bukalapak.com dan aplikasi security, padahal saya tidak pernah menginstallnya.

Label: , , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Cara mempercepat android lambat ini ditulis pada 1/16/2016, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Cara mempercepat android lambat di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch