Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Saya yakin anda pasti sudah tahu berbagai jenis obat dan buah buahan yang bisa mencegah seseorang mengalami mabuk perjalanan atau dalam bahasa inggrisnya disebut Travel Sickness, kondisi seperti ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun kerap mengalami mabuk perjalanan.

Tips agar anak tidak Mabuk PerjalananNah, berbicara tentang mabuk perjalanan yang dialami anak-anak, ada sedikit pengalaman ketika saya bersama anak, istri dan keluarga saudara berkendara keliling-keliling kota, ya... anak saya mabuk perjalanan.

Sore itu kami berangkat dari rumah, awalnya anak-anak kami nampak ceria, mereka riang gembira, bercanda dan tertawa-tawa didalam Mobil barunya saudara saya. Yang lebih gembira lagi ya Istri saya, karena jalan-jalan ini bukan tanpa tujuan tapi dalam rangka melihat-lihat dan mencari rumah yang akan kami tempati.

Ciri-ciri jika anak mengalami Mabuk Perjalanan

Lebih dari 1 jam kami keliling-keliling kota tanpa turun dari Mobil, dan suasana di kabin belakang mulai terasa sepi yang sebelumnya anak anak pada berisik saling bercerita.

Dalam keheningan itu saya pun berbalik kebelakang dan menanyakan kondisi anak saya, "Kenapa diam Nak? pusing ya? kalo pusing kita bisa berhenti dulu", namun anak saya hanya geleng-geleng kepala. Berkali kali saya bertanya pada anak saya yang nampaknya semakin gelisah dan terdiam membisu, namun pertanyaan yang sama mendapat respon yang sama juga.

Perjalanan hampir selesai, tak lebih dari 2km lagi kami akan segera tiba rumah, namun suasana langsung berubah ketika pertanyaan saya akhirnya terjawab... ya... anak saya tiba-tiba muntah.

Ternyata anak saya terdiam didalam mobil selama dalam perjalanan nyatanya dia sedang menahan rasa mual akibat mabuk perjalanan padahal berkali kali saya tanyakan apakah kondisinya baik-baik saja.

Cara agar tidak Mabuk Perjalanan

Seperti saya sebutkan diatas, tentu kita sudah tak asing dengan obat anti mabuk perjalanan, namun ada yang lucu ketika saudara saya menyarankan untuk menggunakan Plester agar anak tidak mabuk perjalanan. "Hah... masa sih?, maksudnya mulutnya di Plester gitu?"kataku.

Ya bukan lah... tapi plesternya ditempelin di tali pusar si anak, jawab saudaraku.

Ini juga berdasarkan pengalaman saudara saya ketika berupaya agar anaknya tidak mengalami mabuk kendaraan ketika sedang dalam kendaraan, dan katanya sih cukup ampuh karena anaknya tidak pernah muntah jika tali pusarnya di tempelin Plester. hehe... tapi apa salahnya di coba, kan tidak berbahaya.

Beberapa hal yang menjadi penyebab Mabuk perjalanan

Banyak yang mengatakan bahwa Penyebab seseorang mengalami mabuk perjalanan adalah sebagai berikut ini :
  1. Tidak terbiasa dengan kendaraan yang ditumpangi, atau gak biasa naik mobil.
  2. Perjalanan melalui jalan yang berbelok-belok.
  3. Cara mengemudi yang salah
  4. Masuk Angin
  5. Serta kondisi badan kurang sehat.

Tips agar anak tidak Mabuk Perjalanan

Beberapa tips yang berhasil dihimpun tentang bagaimana cara agar tidak mengalami mabuk kendaraan, baik itu dalam perjalanan jarak dekat atau jauh, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan anak-anak tidak murung.
  2. Jika mengetahui hal itu, segeralah hentikan mobil anda dan beristirahat sebentar untuk mendapat udara segar.
  3. Sediakan buah-buahan seperti Jeruk dan Melon.
  4. Bawa minyak penyegar atau penyejuk, minyak telon atau minyak wangi.
  5. Selalu sedia kantong plastik jika sering mengalami mabuk perjalanan cukup parah. 
Mabuk perjalanan memang tidak meng-enakan, rasanya mual dan sebal, namun lebih jauh lagi adanya penumpang yang mabuk kendaraan bisa menyebabkan mood penumpang lain jadi berubah. So berusahalah sebaik mungkin agar suasana perjalanan tetap menyenangkan.

Labels: , , , , ,



| Cari Agar anak tidak mabuk perjalanan di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch