Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Dipagi hari sebangun tidur saya sudah di teriaki istri "Ayaaahhh, mesin cuci rusaaakkk", sebenernya sih bukan pagi hari karena waktu itu jam menunjukan pukul 10.30. Mendengar laporan seperti itu beberapa saat kemudian sayapun mengecek kebenaran mengenai rusaknya mesin cuci kami.

Mesin Cuci hanya mendengung

Saya sedikit memiliki pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik serta peralatan rumah tangga lainnya yang berhubungan dengan motor listrik. Setelah saya periksa, benar saja ternyata kondisi mesin cuci tidak berputar hanya mengeluarkan bunyi mendengung.

Berdasarkan pengalaman, Motor listrik akan mengalami macet manakala dia terlalu panas atau sudah mengalami pemakaian cukup lama.

Mesin Cuci milik istri saya dari brand terkenal sudah digunakan lebih dari 3 tahun dan baru kali ini bermasalah. Sayapun mendiamkan Mesin cuci selama 30 menit atau kira kira motor penggerak mesin cuci sudah kembali dingin, setelah itu Mesin cuci dicoba dan ternyata berfungsi normal seperti semula.

Sebelum memperbaiki mesin cuci yang tidak muter, beberapa hal berikut ini harus di periksa dulu : 
  1. Pastikan Stop Kontak / Cilokan listrik berfungsi, eh... maksudku Colokan.
  2. Coba tes Stop Kontak atau colokan tersebut dengan perangkat elektronik lain, jika ternyata tidak menyala, tentu masalahnya bukan pada mesin cuci.
  3. Ketika dinyalakan malah mendengung, saya coba menggerakan tabung mesin cuci dengan bantuan tangan (hati hati atau sebaiknya jangan dilakukan).

Memperbaiki Mesin cuci tidak berputar dan hanya mengeluarkan bunyi mendengung

Memperbaiki mesin cuci tidak muter dan hanya mendengungMeski langkah pertama yang saya lakukan pada mesin cuci tersebut dapat mengatasi masalah, namun itu bukan solusi sebenarnya, kondisi seperti ini disebabkan karena beberapa komponen mesin cuci terutama kapasitor penggerak motor sudah harus di ganti.

Fungsi kapasitor ini di ibaratkan sebagai starter untuk menggerakan dinamo motor pada mesin cuci sehingga mesin cuci dapat berputar tanpa menghentak, berputar dari perlahan hingga mengencang sepenuhnya.

Kapasitor ini terletak di bagian belakang mesin Cuci, buka kap belakang dan anda akan melihat 2 buah kapasitor berbentuk tabung berwarna hitam.

Memperbaiki mesin cuci sendiri

Jika ingin memperbaiki sendiri, pastikan anda memahami resikonya, namun sebelum kapasitor tersebut di lepas sebaiknya difoto dulu agar tidak lupa cara pemasangan kabelnya jika akan di ganti dengan kapasitor baru.

Kapasitor dinamo motor mesin cuci bisa didapatkan  di toko toko elektronik terdekat di kota anda jika tidak paham dengan istilah elektronik pada saat membeli Kapasitor sebaiknya membawa kapasitor yang akan diganti untuk di tunjukan ke pedagang suku cadang elektronik.

Jadi ketika mendapati kondisi seperti ini pada mesin cuci, anda tidak perlu panik dan tidak perlu risau dengan biaya perbaikan.

Label: ,



| Cari Cara Memperbaiki mesin cuci mendengung tidak berputar di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch