Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Saudara saya memiliki masalah dengan Handphone Android Evercoss nya, Masalah yang dialami pada Evercoss A26 tersebut yaitu pada salah satu bagian touch screen tidak tidak berfungsi, akibatnya beberapa huruf pada qwerty pad tidak bisa di tekan, terutama huruf yang paling pinggir seperti huruf "Q" dan "A".

Dia meminta bantuan saya untuk memperbaiki masalah touch screen evercoss A26 nya agar kembali normal. Selain menggangu pengetikan, kerusakan seperti ini juga mempengaruhi aktivitas bermain game seperti "PopStar" dimana game tersebut mengharuskan pemain menekan setiap block yang muncul di layar screen tersebut.

Cara memperbaiki layar sentuh atau Touch Screen Evercoss A26

Saya berpikir bahwa permasalahan ini hanyalah mengenai software, kita semua tahu jika smartphone android sudah bermasalah dengan software solusinya cukup dengan mereset ulang. Namun ternyata mereset ulang bukan solusi permasalahan tersebut.

Kemudian saya melakukan test hardware dengan cara mematikan handphone lalu menyalakan handphone tersebut dengan cara menekan tombol volume bawah + tombol power. Kemudian muncul beberapa menu dan salah satunya adalah pengeecekan layar sentuh.

Benar saja, ternyata kerusakan tersebut bukan pada software, melainkan layar sentuh evercoss A26 tersebut sudah rusak karena beberapa area yang disentuh tidak menunjukan warna hijau.

Cara untuk test Touch Screen Evercoss A26

  1. Matikan HP, kemudian tekan tombol Volume Bawah+Tombol power, jangan dilepas meski muncul Logo Evercoss, tunggu sampai muncul menu "Factory Mode" lalu lepaskan tombol.
  2. Kemudian pilih "Item Test" (untuk memilih, gunakan tombol volume atas dan bawah, dan untuk menentukan pilihan gunakan tombol "Home", untuk kembali ke menu sebelumnya gunakan tombol "Back" sebelah kanan tombol home)
  3. Setelah memilih "Item Test" kemudian pilih "Touch Panel"
  4. Lalu pilih ""CTP Test"
  5. Kemudian akan muncul gambar geometri pada layar screen berwarna merah sebagai alur untuk mengetes touch panel tersebut.
  6. Sentuhlah gambar tersebut, jika berubah menjadi hijau maka pada area screen tersebut tidak terjadi masalah.
Jika setelah seluruhnya area screen tersebut di sentuh dan semuanya berwarna hijau, berarti kondisi screen dalam keadaan normal.

Yang terjadi pada evercoss a26 milik saudara saya setelah dilakukan test, banyak sekali area yang tidak berubah menjadi hijau, dan tentu saja area tersebut tidak dapart berfungsi ketika handphone dinyalakan secara normal.

Perhatikan urutan gambar dibawah ini :

Solusi mengatasi Touch Screen Evercoss A26

Solusi mengatasi Touch Screen Evercoss A26

Solusi mengatasi Touch Screen Evercoss A26

Solusi mengatasi Touch Screen Evercoss A26

Solusi mengatasi Touch Screen Evercoss A26


Solusi mengatasi Masalah Touch Screen Evercoss a26

Karena mengetahui kondisinya seperti itu, tak ada jalan lain untuk mengatasi kerusakan screen Evercoss A26 ini adalah dengan cara mengganti screen tersebut dengan yang baru, atau masih berfungsi. Untuk mendapatkan Layar Screen Evercoss A26 Saya mencoba mengubungi salah satu teman saya yang bekerja di Bandung Elektronik Center (BEC) untuk mendapat informasi mengenai ketersediaan stok part tersebut.

Namun sebelum teman saya mengabari kembali, sangat Kebetulan di salah satu web jual beli barang bekas ada yang menjual hendphone sejenis dalam keadaan mati total. Entah kemahalan atau tidak, saya membelinya dengan harga 75 ribu setelah melihat kondisi barang tersebut, meski gambling karena melihat kondisinya mulus, saya merasa yakin jika screen nya masih bagus.

Peralatan yang saya miliki untuk membongkar handphone cukup lengkap karena saya sendiri sangat hobi menggunakan tool tersebut untuk berbagai keperluan perbaikan perangkat elektronik dan komputer di rumah, akhirnya daripada harus repot pergi ke tukang service saya pasang sendiri penggantian screen tersebut.

Tak ada kesulitan saat menukarkan Touch Screen Evercoss A26 tersebut, setelah semuanya selesai sayapun mencoba menyalakan handphone tersebut, dan setelah di test... handphone tersebut kini sudah normal kembali.

Layar Sentuh, Touch Screen LED atau LCD

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Touch Screen atau layar sentuh ini dengan sebutan LCD atau LED, seperti yang sering kita dengar ketika mengunjungi tempat service hp "Wah, ini LCD nya rusak mas, harus di ganti", entah dia awam atau menganggap customer orang awam sehingga dengan tujuan memperjelas dan mudah diketahui akhirnya menyebutkan LCD untuk Panel Touch atau Touch screen android ini.

Namun ada benarnya juga, karena di setiap kemasan atau para penjual selalu menyebutkan LCD 5inch ketika saya mencari info tentang layar sentuh atau touch screen Evercoss A26 ini

Label: , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Cara Memperbaiki Touch Screen Evercoss A26 ini ditulis pada 6/26/2015, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Cara Memperbaiki Touch Screen Evercoss A26 di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch