Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang cukup penting, meski demikian aktivitas tidur untuk bayi, balita, anak-anak, remaja dan dewasa masing masing memerlukan lamanya waktu tidur berbeda beda.

Kita lupakan dulu ulasan mengenai kebutuhan tidur pada setiap orang, saya akan berbagi pengalaman tentang sulit tidur yang saya alami akhir akhir ini serta bagaimana caranya agar bisa tidur tanpa harus menjadi insomnia setiap malam.

Tips Agar bisa tidur nyenyak

Insomnia

Secara umum insomnia merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasakan kesulitan untuk tidur, tidur hanya sebentar meski memiliki banyak waktu untuk melakukannya. Insomnia sendiri merupakan sebuah gejala dimana seseorang mengalami masalah kesehatan atau permasalahan psikologis, bahkan penderita insomnia cenderung terjadi perubahan emosional pada saat bangun tidur, terlebih jika terbangun karena sebuah gangguan atau kebisingan.

Penyebab sulit tidur

Saya mulai mengalami sulit tidur pada usia 18, pergaulan malam menuntut saya untuk tetap terjaga agar tidak melewatkan momen yang dianggap penting waktu itu. Ternyata hal tersebut sangat berdampak pada kebiasaan atau pola tidur saya.
Kebiasaan sulit tidur tidak berhenti disitu saja, mulai terjun di dunia pekerjaan lebih menuntut saya untuk melakukan pekerjaan di luar jam kerja sering mengerjakan pekerjaan pada malam hari disertai minuman stamina serta kafein membuat saya tetap terjaga hingga pagi hari.
Hingga saat ini, kesulitan tidur masih saya alami

Workaholic, Jarang berolah raga, mengkonsumsi obat penigkat stamina, stress serta sering mengkonsumsi makanan atau  minuman mengandung kafein merupakan penyebab seseorang mengalami kesulitan tidur

Sulit tidur? bagaimana cara mengatasinya?

Kebiasaan sulit tidur yang saya alami menjadikan pola dan kebutuhan tidur saya sangat minim, ketika ada kesempatan untuk tidur pun tidak pernah pulas, jelas hal ini dapat menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan fisik dan pikiran.

Kejadian terparah dari kesulitan tidur yang pernah terjadi adalah saya pernah terserang stroke ringan akibat 3 X 24 jam tidak tidur dan dalam kondisi bekerja, begitu tidur sayapun hanya mendapat 3 jam dengan kondisi sudah terserang stroke.

Agar bisa tidur

Berkaca dari pengalaman terserang stroke ringan tersebut, saya pun berusaha untuk menjalani pola hidup sehat, terutama mengatasi kesulitan tidur yang saya derita, beberapa aktivitas dan tindakan medis yang saya lakukan agar bisa tidur nyenyak diantaranya adalah :
  1. Berolah raga 2 kali sehari, masing masing 30 menit saya sendiri saat itu memilih Olag Raga jenis Aerobick yang dilakukan di rumah melalui instruktur yang du pitar melalui DVD Player.
  2. Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung Kafein
  3. Mengurangi waktu kerja, mematikan TV dan handphone di malam hari max jam 9 malam
  4. Meredupkan lampu / penerangan pada saat akan tidur
Yang saya rasakan dan sangat ampuh  agar bisa tidur dengan cepat adalah setelah melakukan olah raga, beberapa saat setelah melakukan senam aerobik mata saya mulai mengantuk dan biasanya langsung tertidur selama 30 - 60 menit.

Mengurangi konsumsi kafein agar bisa tidur hanya baru bisa dirasakan efeknya setelah kurang lebih 2-3 minggu.

Mematikan TV dan Handphone serta meredupkan lampu memang dapat membantu membuat saya tertidur, namun selama dalam percobaan untuk tidur itu saya merasa gelisah dan merasa ada yang aneh, terlebih rasa gatal tangan ini untuk memainkan jemari di handphone kesayangan hanya untuk melihat apa yang terjadi di dunia maya, namun pada akhirya saya dapat tertidur juga.

Labels: ,



| Cari Tips Agar bisa tidur nyenyak di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch