Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Tak perlu saya jelaskan mengenai apa itu keyboard, saya yakin anda pasti mengetahui salah satu jenis hardware ini. Ya... benar... untuk input data. kurang lebih seperti itulah fungsinya. Selanjutnya seperti yang ditulis pada judul diatas, disini akan membahas masalah kerusakan pada keyboard komputer, baik itu keyboard laptop, keyboard port PS2 atau keyboard port usb.

Kerusakan pada keyboard komputer atau keyboard Error umumnya salah satu tombol tidak berfungsi, berdasarkan skema PCB elastis yang ada didalam keyboard hal ini juga berdampak terhadap tombol lainnya yang berada satu jalur dengan tombol yang tidak berfungsi tersebut.

Misalnya jika tombol huruf "D" tidak berfungsi, maka tombol lainnya tidak akan berfungsi juga seperti : Tombol F2, Tombol F3, Tombol F4, Tombol angka 3/#, Tombol huruf E, Tombol huruf D dan Tombol huruf C. Tombol tombol tersebut merupakan tombol yang memiliki jalur sama.

Cara memperbaiki Keyboard Error  PS2/USB

Mungkin seseorang akan mengatakan ribet jika harus memperbaiki keyboard sendiri. beberapa juga beranggapan bahwa kerboard PS2 atau USB harganya cukup murah, masih banyak kok yang harganya di bawah Rp. 50 ribu.

Namun terkadang ada sebuah kondisi dimana seseorang harus memperbaiki keyboard errornya, dan jJika masalah yang terjadi adalah seperti yang disebutkan diatas (salah satu tombol tidak berfungsi), ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kerusakan tersebut, diantaranya adalah :
  1. Mur atau sekrup pada bagian PCB keyboard sudah kendur
  2. Soket PCB elastis yang terdapat di dalam keyboard kotor
  3. Solder kabel terlepas

Berikut ini adalah skema gambar Permasalahan Keyboard  dan cara memperbaiki Keyboard error


Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak, Laptop, ps2 atau USB
Gambar ini menunjukan bahwa salah satu atau kedua lubang sekrup / mur sudah longgar

Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak, Laptop, ps2 atau USB
Gambar ini menunjukan adanya salah satu kabel input keyboard solderannya terlepas

Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak, Laptop, ps2 atau USB
Gambar ini merupakan rangkaian PCB elastis yeng terdapat di dalam keyboard komputer

Setelah melakukan perbaikan dari ketiga cara diatas (Di kencangkan, di bersihkan dan di solder ulang) biasanya keyboard sudah bisa normal kembali, dan andapun tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu untuk menggantinya dengan keyboard baru.

Solusi Keyboard PS2 / USB rusak

Untuk tindakan darurat ketika Keyboard Komputer error atau rusak, anda dapat menggunakan Virtual Keyboard. Tool ini merupakan bawaan atau bundling dengan sistem operasi yang digunakan.

Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak

Untuk menggunakan OSK ini, cukup mengetik "OSK" pada kolom Search program lalu tekan "enter" lihat gambar diatas.

Atau jika ternyata salah satu tombol O, S, atau K yang bermasalah, anda dapat membuka tool OSK pada folder C:\Windows\System32.

OSK On Screen Keyboard solusi Keyboard Komputer Rusak, Laptop, ps2 atau USB
Gambar ini merupakan penampakan OSK (On Screen Keyboard) yang bisa digunakan untuk sementara ketika keyboard anda rusak
Namun sepertinya benar apa yang dikatakan beberapa orang diatas, bahwa sebaiknya ketike keyboard PS2 atau keyboard USB rusak adalah dengan cara mengganti dengan yang baru, ini berarti sejumlah uang harus anda siapkan, anda tinggal memilih apakah akan menggunakan keyboard branded (Rp. 75 - 250rb) atau keyboard non branded yang harganya kisaran Rp. 20rb hingga Rp. 45ribu.

Label: , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak ini ditulis pada 7/04/2015, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch