Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Beberapa hari yang lalu CPU komputer saya tidak dapat dinyalakan setelah memindahkan CPU tersebut ke meja yang baru. Saya cukup heran karena ketika memindahkan CPU tersebut dilakukan dengan sangat hati hati dan tidak mengalami benturan keras. CPU yang saya miliki terdiri dari beberapa komponen hardware pada umummnya dan semuanya terpasang dengan baik, maka dari itu adanya kerusakan seperti ini membuat saya heran, ada apa dengan CPU saya.

Memperbaiki CPU Error

Namun dapat dikatakan kalau permasalahan komputer saya ini sangat sering terjadi, terutama ketika komputer mati dengan cara dipaksa atau terpaksa, misalnya karena mati listrik. Dan karena sering terjadi masalah seperti ini membuat saya makin paham dengan permasalahan komputer seperti ini.

Mengenali dan mendeteksi CPU Komputer yang mati.

Kita sebutkan dulu permasalahan CPU komputer tersebut : Kondisi setelah Power-On, lampu led power menyala, ini menandakan bahwa arus listrik pada power supply berjalan dengan normal, namun kondisi selanjutnya adalah komputer tiudak bisa booting, di layar screen tidak nampak ada aktivitas.

Memperbaiki CPU tidak bisa booting

Tidak bisa booting berarti komputer tidak dapat membaca hardware yang terpasang yang disebabkan oleh salah satu atau beberapa hardware mengalami kerusakan dan harus di ganti. Bisa juga disebabkan karena kondisinya sudah lemah.

Untuk menangani kasus ini yang saya siapkan dan dilakukan diantaranya :
  1. Mengganti Batre CMOS / Bios
  2. Membersihkan Soket soket, terutama pin dan soket RAM, dan gunakan hanya satu keping RAM untuk sementara
  3. Melepaskan VGA AGP/PCI, untuk sementara menggunakan VGA Onboard
  4. Melepaskan Hardisk dan CD Room untuk sementara sampai proses booting sudah terlihat, atau sampai di screen muncul tulisan "Drive not found"
Memperbaiki CPU Error

Setelah terlihat ada proses booting dan bisa masuk ke pengaturan bios, ini berarti CPU sudah normal kembali, lalu matikan dan pasang VGA agp/pci lalu nyalakan lagi, jika proses botting terlihat di monitor maka lanjutkan memasang CD Room dan Hardisk. Lakukan semuanya dengan hati hati

Solusi memperbaiki CPU mati atau tidak bisa nyala alias booting

Pada beberapa kasus, terkadang mainboard yang sudah lama masa pakainya akan memiliki beberapa kerusakan, salah satunya adalah penggunaan beberapa slot memory / ram.

CPU hanya bisa menyala jika menggunakan 1 slot memory, solusinya adalah dengan cara membersihkan slot lain yang tidak berfungsi, saya sendiri menggunakan sikar gigi untuk membersihkan slot tersebut.

Cara lainnya adalah RAM dipasang (ditekan dan pengait otomatis mencengkram ram tersebut), kemudian angkat ram tersebut secara perlahan, hal ini biasanya terjadi karena soket memory sudah longgar karena sering melakukan buka pasang memory.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan mengenai perbaikan komputer, sebaiknya bawa CPU anda ke tempat perbaikan komputer terpercaya di kota anda.

Label: , ,



| Cari Memperbaiki CPU Error di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch