Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Sebagai orang tua, mendapati buah hati kita menangis tak henti-henti di malam hari tentu membuat kita merasa khawatir dan bertanya tanya apa yang sedang dirasakan anak kita sehingga membuatnya menangis tak henti henti.

Salah satu orang yang tidak pernah membuatku merasa sedih, dia adalah anak ku yang kedua berusia tepat satu tahun, suatu malam dia menangis tak henti hentinya dan membuat kami khawatir.

Anak menangis tak henti henti di malam hari

Doa untuk anak yang menangis di malam hariJika orang tua berada dalam situasi seperti ini, kesabaran orang tua sangat di perlukan, jangan panik, stress atau malah membentak-bentak anak berharap agar anak berhenti menangis.

Saya bukan ahli psikologi anak, namun sebagai orang tua saya selalu berusaha melakukan yang terbaik agar anak merasa nyaman dalam kehidupannya.

Seperti halnya pada situasi seperti ini dimana anak kedua saya yang masih balita menangis tak henti henti pada malam hari, padahal pada siang hari dia terlihat ceria, dan sempat tidur pada jam 19.00, namun pada jam 20.30 dia terbangun dan menangis tak henti hentinya.

Istri saya pun khawatir karena anak kami tidak mau menyusui dan segala yang kami lakukan tidak membuatnya berhenti menangis, bahkan ketika di beri mainan favoritnya pun anak saya tetap menangis.

Dugana dugaan kami memperkirakan bahwa anak kami merasa tidak nyaman dengan pakaiannya, merasa gerah, kulitnya merasa gatal, tidak enak makan, sariawan, pusing atau prediksi prediksi lainnya.

Jika anak menangis di malam hari

Beberapa hal yang kami lakukan sebagai upaya menghentikan anak menangis dimalam hari diantaranya adalah :
  1. Mengganti semua pakaian yang digunakannya, mungkin ada semut atau terasa gatal, dalam bahasa sunda mungkin disebutnya "Merang" karena ada debu atau benda lain kasat mata yang menyebabkan anak merasa gala atau kurang nyaman.
  2. Memberikan ASI atau Susu Botol
  3. Memberikan sedikit udara dengan kipas angin tangan, dikipaskan scara lembut.
  4. Menggendongnya
  5. Selalu menemaninya meski sudah tertidur pulas.

Anak menangis tak henti henti karena sesuatu yang gaib?

Masih banyak yang beranggapan bahwa ada peran makhluk halus ketika anak balita menangis tak henti henti di malam hari. Sebagian orang tua (leluhur) beranggapan, seorang anak menangis tak henti henti karena kedatangan Roh salah satu keluarga yang sudah meninggal.

Jika anda salah satu orang tua yang beranggapan demikian, atau memang situasinya seperti itu maka yang harus anda lakukan adalah membaca doa doa yang dapat menjadikan keadaan menjadi tenang.

Doa agar anak berhenti menangis di malam hari

Yang saya lakukan alhamdulillah berhasil, saya mengambil wudhu dan sholat sunat 2 rakaat, selanjutnya berdoa dan mebaca doa-doa agar anak segera berhenti menangis, kasihan udah hampir setengah jam dia menangis.

Maaf jika salah dalam mengeja serta bukan bermaksud menggurui, saya hanya yakin saja bahwa Tuhan adalah Maha Penyembuh, doa yang saya ucapkan diantaranya :
  1. Membaca Shahadat
  2. Membaca Surat Alfatihah
  3. Membaca  Surat Al ikhlas
  4. Membaca Surat Al Falaq
  5. Membaca Surat An Nas
  6. Medianya bisa di doakan pada segelas air atau langsung sambil menggendong balita
Saya sendiri membacakannya langsung sambil menggendong, doa yang dibacakan sedikir keras agar balita dapat mendengarkan surat surat tersebut. dan Subhanalloh, anak saya berhenti menangisnya dan melihat wajah saya yang sedang membaca surat surat pendek tersebut... anak ku pun terlihat mengantuk setelah saya selesai membaca seluruh surat diatas, dan dia tertidur pulas dalam gendongan saya.

Ketika Anak / Balita tidur harus selalu ditemani

Adanya kondisi anak seperti ini, meski balita sudah tertidur pulas sebaiknya jangan ditinggalkan, jika ingin pergi ke kamar mandi, ke dapur atau meniggalkan sejenak pun sebaiknya jangan, kerja sama orang tua sangat diperlukan (bergantian), hal ini dilakukan untuk mencegah anak menangis lagi ketika dia terbangun dari tidurnya karena biasanya dalan kondisi anak seperti itu tidurnya hanya sebentar sebentar.

Ahli psikologi anak mungkin akan memberikan solusi yang berbeda, artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman sendiri.

Labels: , , ,



| Cari Agar anak berhenti menangis pada malam hari di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch