Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Ketika saya lagi serius di depan monitor, saya mendengar suara benda di pukul pukul dari arah kamar anak saya, ketika sumber suar itu di hampiri nampak anak saya sedang menonton TV di kamarnya, saya bertanya pada anak saya "Nak, tadi suara apaan?", anak saya menjawab "Suara yang mana Yah?", saya "Tadi yang kaya mukul mukul benda"... lalu suasanpun hening... tidak ada suara yang terdengar.

Anak saya langsung berdiri sambil mendekati TV dan berkata "Maksud ayah suara seperti ini?" kata anak saya sambil mukul mukul body TV 3 kali, jreeeng suara audio TV terdengar.

Memperbaiki TV gak ada audio

TV Rusak tidak ada audionya

Haha... ternyata TV di kamar anak saya sudah rusak, audionya kadang ada kadang tidak ada, yang membuat saya heran... ide dari mana tuh anak harus mukul mukul body TV agar suaranya terdengar lagi....

kondisi Audio TV seperti ini berlangsung selama 3 hari sampai akhirnya benar-benar tidak ada audia yang keluar meski sudah dipukul-pukul berkali kali. "Ayaaahhh, TV nya ga ada suaranya" kata anaku sambil memelas... "Baiklah Nak, akan ayah benerin TV nya".

Mencari kerusakan TV

TV anak saya yang tidak ada audionya merupakan TV 21inch analog alias TV tabung buatan China meski mereknya bertuliskan Sharp.

Untuk memperbaikinya pertama tama saya mebuka body TV untuk mencari penyebab Audi TV tidak keluar, saya berpikir mungkin kabel ke speakernya putus, atau soketnya longgar atau ada komponen TV lainnya yang memungkinkan bisa diperbaiki sendiri dirumah.

Semuanya saya periksa, kabel-kabel, mainboard, soket-soket serta membersihkan bagian dalam TV tersebut.

Setelah semuanya dipasang kembali TV pun menyala kembali, maksud saya TV dinyalakan, namun usaha saya sia-sia.

Memperbaiki TV yang gak ada suaranya

Ya... yang saya lakukan ternyata tidak dapat mengembalikan Audio TV kembali normal, lalu sayapun mengambil handphone dan menghubungi teman yang kebetulan ahli service TV.

Tak lama kemudia tukang service TV datang kerumah, tanpa basa basi saya langsung menyodorkan TV yang akan diperbaiki sambil menjelaskan kronologis kerusakan TV tersebut. Tukang service TV cuma manggut-manggut sambil mebongkar body TV.

Ada beberapa komponen yang diganti, kalo gak salah ada 3 komponen, pemasangannyapun cukup cepat, kurang dari setengah jam TV tersebut sudah kembali normal.

Pekerjaan apapun jika dikerjakan oleh ahlinya biasanya akan berhasil, mencoba-coba memperbaiki sendiri TV rusak sangat beresiko, meledak atau mungkin ke setrum.

Labels: , ,



| Cari Memperbaiki TV rusak gak ada suaranya di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch