Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Anda yang berkunjung disini pastinya para Graphic Designer yang lagi senang hatinya karena telah dipilih sebagai contest winner di 99Designs.com, dan kenapa sampai masuk di Blog ini adalah karena anda pengguna CorelDraw yang sedang mencari cara membuat File EPS RGB menggunakan Coreldraw.  Wuih... bener banget nih admin :D

Oke, bagi yang lagi merasa senang karena telah menjadi pemenang dalam kontes 99design, berikut ini saya share mengenai Cara Membuat File EPS RGB print bagi pengguna Corel Draw.

Cara membuat file EPS RGB di CorelDrawTapi... sebelumnya saya kasih tau dulu ya bahwa di Corel Draw sebenarnya tidak bisa membuat file EPS dengan RGB print meski telah menggunakan Color Palette RGB, atau ketika di export diatur agar menjadi RGB, namun yatanya hal ini tidak bisa menghilangkan tulisan berwarna merah pada Proses Handover di 99design.

Solusi membuat File EPS RGB bagi pengguna CorelDraw

Tidak sedikit mereka yang memiliki keahlian desain hanya berfokus pada software tertentu, dan software grafis lainnya hanya sebagai pengetahuan saja tanpa mendalami fungsi software grafis  tersebut.

Contohnya banyak sekali yang mahir menggunakan CorelDraw, namun ketika dihadapkan dengan Photoshop atau Illustrator, mereka sedikit kaku karena tentunya teknih di coreldraw tidak bisa dilakukan pada software grafis lainnya.

Cara membuat file EPS RGB di CorelDrawBerikut ini langkah langkahnya :
  1. Pastikan seluruh file di coreldraw berupa vector, artinya tidak ada objek yang terbuat dari bitmap atau diberi efek bitmap, efek shadow dan efek transparant karena membuat file EPS RGB tersebut rusak tampilan, percayalah.
  2. Untuk memudahkan nantinya, file desain yang terbagi menjadi beberapa bagian harus di grup secara terpisah, misalnya desain full color dan desain BW jangan dibuat satu grup.
  3. Export file tersebut langsung ke EPS atau PDF
  4. Kemudian buka Adobe Illustrator (duuuhh... kok harus buka illustrator sih? aku kan gab bisa!) Tenang cara ini pasti mudah, asal punya Adobe Illustrator yang terinstall di Komputer.
  5. Buka file yang telah di export tersebut di Illustrator
  6. Setelah filenya terbuka, kemudian select all (ctrl+a) lalu copy (ctrl+c).
  7. Kemudian buat file baru di Illustrator "File-New" 
  8. Lalu pilih mode "Basic RGB" pada kolom New Document Profile, lalu Enter
  9. Paste file yang tadi di copy, kemudian atur agar desain tidak berubah (jika ada yang harus diatur)
  10. Setelah dirasa selesai, kemudian klik "Save" file tersebut ke format EPS
  11. Selesai, kini waktunya handover.. :D

File desain coreldraw berubah jika dibuka di Illustrator

Benar, kebanyakan file desain buatan Coreldraw akan mengalami perubahan jika di buka di Illustrator bergantung pada Penggunaan Gradasi dan Penggunaan Efek, maka dari itu disarankan meng-export file nya ke format PDF.
File tidak akan berubah bentuk dan warna jika hanya menggunakan ventor dengan warna solid, tanpa gradasi dan tanpa efek.

Jika masih juga kesulitan melakukan hal itu, ajukan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah ini.

Label: , ,



| Cari Cara membuat file EPS RGB di CorelDraw di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch