Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Rasa-rasanya ini pengalaman pertama dimana saya mengalami gatal-gatal hampir diseluruh tubuh, ini bukan alergi bukan pula kaligata karena rasa gatal-gatal yang saya alami sudah terjadi cukup lama. tidak seperti gatal-gatal karena alergi atau gatal kaligata yang bisanya akan sembuh dalam hitungan kurang dari seminggu.

Kenapa kulit merasa gatal?

Gatal, berdasarkan pemahaman yang saya tangkap istilah medis dari gatal adalah Pruritus, gatal terjadi karena adanya reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap virus, bakteri kutu dan sejenisnya, bisa juga karena adanya sesuatu yang menempel pada kulit.

Umumnya rasa gatal akan hilang dengan sendirinya, namun sudah menjadi kebiasaan ketika seseorang merasa gatal maka menggaruk adalah solusinya.

Mengobati Gatal-gatal diseluruh tubuh

Jika rasa gatal hanya terjadi di satu titik, kita cukup menggaruknya dan masalahpun selesai. Namun ketika merasa gatal diseluruh tubuh, ini nampak seperti derita yang tiada habisnya.

Saya pernah mengalami kaligata, alergi juga sering. Namun gatal-gatal kali ini boleh dikatakan telah membuat saya frustasi. Berbagai obat di apotek sudah dicoba, dari semua apotek yang dikunjungi memberikan obat yang berbeda-beda, namun setelah dibaca dari keterangan obat-obat apotek tersebut, obat-obat itu memiliki kandungan atau komposisi yang sama, yang membendakan hanyalah merek obat tersebut.

Menyembuhkan gatal-gatal diseluruh tubuh

Seperti yang selalu tertera di setiap kemasan obat "Jika sakit berlanjut, hubungi dokter" dan setelah hampir sebulan akhirnya saya berhenti mengkonsumsi obat dan beralih ke pengobatan tradisional. Itu dia bodohnya saya, kenapa tidak pergi ke dokter saja.

Penggunaan berbagai sabun kesehatan  sudah dilakukan, membersihkan berbagai sudut ruangan, perabotan serta pakaian sudah dibersihkan juga dari berbagai kemungkinan debu yang menyebabkan gatal-gatal terjadi, namun tetap saja gatal-gatal tersebut tidak hilang.

Nanya apa obat yang manjur untuk menyembuhkan gatal-gatal di seluruh tubuh ke aplikasi alodokter jawabannya malah disuruh ke dokter, bukankah mereka ngakunya dokter semua?

Ciri-ciri gatal-gatal diseluruh tubuh

Jenis gatal yang saya alami diantaranya :
  • Rasa gatal hampir diseluruh tubuh, tangan, kaki, badan, punggung, bokong, selangkangan dan juga diatas anu...
  • Disetiap area yang gatal nampak bintik-bintik merah
  • Terkadang ada gatal yang disertai bentol-bentol 
  • Terkadang juga muncul bintik besar seperti jerawat berisi cairan atau nanah. Setelah meletus dan mengeluarkan nanah bekasnya sulit mengering dan lebih nampak seperti luka bakar.
  • Penyakit gatal-gatal ini tidak menyerang bagian leher, wajah dan kepala
  • Rasa gatal lebih parah terjadi dimalam hari
  • Ketika menggaruk rasanya gak pernah puas hingga tak terasa banyak bintik-bintik merah  mengeluarkan cairan bening, ini berarti saya menggaruk sampai melukai.

Obat tradisional menyembuhkan gatal-gatal

Ihtiar atau berusaha adalah salah satu upaya manusia untuk mengatasi permasalahan yang dialaminya, seperti yang saya lakukan ketika berusaha ingin sembuh dari penyakit gatal-gatal ini, ketika menggunakan obat medis tak kunjung sembuh maka pengobatan alternatif adalah langkah selanjutnya untuk menyembuhkan gatal-gatal diselutuh tubuh.

Terkesan aneh, tak masuk akal bahkan lucu ketika saya mendapat berbagai informasi tentang Obat Tradisional untuk menyembuhkan gatal-gatal dari orang-orang. Obat Tradisional untuk menyembuhkan gatal-gatal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mandi dengan air teh - Rebus satu genggam teh tubruk dengan air kurang lebih 5-7 liter atau secukupnya untuk dicampur dengan air yang akan digunakan untuk mandi, singkatnya mandi air hangat yang sudah dicampur teh tubruk. Apakah resep tradisional ini menyembuhkan gatal-gatal saya? Tidak! yang jelas kamar mandi jadi banyak sampah daun teh.
  • Mandi dengan air daun sirih - Caranya sama dengan mandi dengan air teh. Apakah ini dapat menghilangkan rasa gatal-gatal tersebut? Tidak! kebayang daun sirih berserakan dikamar mandi.
  • Makan pete - kata orang-orang, makan pete bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal yang saya alami, kebetulan tukan pete lewat depan rumah, saya beli banyak. Apakah ini menyembuhkan? tidak! yang ada mulut aja bau pete.
  • Diolesi dengan jeruk nipis atau lemon - Sudah saya coba juga, sangat perih sekali ketika menglumasi area gatal yang sering digaruk. ini juga tidak menyembuhkan.
  • Diolesi dengan balsem - ini sedikit membantu, namun tidak menyembuhkan penyakit gatal-gatal tersebut, dan ketika efek panas dari balsem sudah hilang badanpun kembali merasa gatal, tapi gak berani juga jika seluruh badan harus diolesi balsem.
  • Digebukin pake sapu lidi -  Saya coba juga, dengan bantuan dari istri menggebukin hampir semua tubuh saya, ada rasa nikmat ketika tiap cepretan sapu lidi mengenai area tubuh yang gatal. ini juga tidak menyembuhkan.
  • Ambil beberapa batu dari sungai lalu rebus menggunakan panci hingga mendidik dan airnya digunakan untuk mandi dicampur dengan air dingin agar menjadi hangat. Sempet-sempetnya saya nyari batu di sungai... ini juga tidak menyembuhkan.
Dan masih banyak lagi pendapat orang-orang yang mengatakan obat tradisional untuk menyembuhkan gatal-gatal di seluruh tubuh yang saya alami.

Obat ampuh mengatasi gatal-gatal

Dari berbagai obat medis dan tradisional semuanya tak menyembuhkan penyakit-gatal-gatal yang saya alami, namun ada pula yang membuat rasa gatal itu hilang untuk sesaat dan ini cukup nyaman yaitu dengan mengoles seluruh area tubuh yang gatal-gatal menggunakan balsem khusus untuk anak karena jenis balsem ini tidak terlalu panas.

Wabah gatal-gatal

Dilingkungan tempat tinggal saya ternyata cukup banyak yang menderita gatal-gatal diseluruh tubuhnya dan rata-rata semuanya mengalami penyakit ini dalam satu keluarga, apakah ini merupakan penyakit menular? atau apakah penyebabnya karena kami menggunakan sumber alam yang sama yaitu air yang didistribusikan ke hampir setiap rumah warga?

Gatal-gatal dan Mitos

ah... gak usah dibahas terlalu jauh deh, pastinya jika seseorang mengaitkan penyakit gatal-gatal dengan dunia klenik, tentu setiap daerah akan memberikan penjelasan yang berbeda. Dan pendapat beberapa warga di lingkungan tempat tinggal saya adalah bahwa saat ini sesuatu yang gaib di Gunung Gede sedang mengadakan hajatan.

Labels: , , ,



| Cari Menyembuhkan gatal-gatal diseluruh tubuh di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch