Sistem Transmisi Gear Sepeda Motor Kopling
Gear Sepeda motor yang lebih umum disebut gigi motor pada motor kopling tangan umumnya transmisi yang digunakan adalah menggunakan sistem 1-Netral-2-3-4-5 dan seterusnya, yaitu Gigi satu di injak ke depan, 2-3-4-5 dan seterusnya ke belakang, dan untuk menetralkan Gigi Motor Kopliang adalah antara gigi satu dan dua, bisa dinetralkan pada gigi satu yang diangkat kebelakang sedikit, atau bisa pula pada kondisi pemakaian gigi dua lalu ditekan kedepan sedikit.Meski demikian adapula jenis sepeda motor kopling dengan sistem transmisi sebaliknya yaitu Gigi satu Kebelakang, 2-3-4 dan seterusnya kedepan, biasanya terdapat pada sepeda motor manual jenis Binter
Sepeda Motor Kopling sulit di netralkan
Ini tak hanya terjadi pada motor keluaran lama, sepeda motor terbarupun terkadang ada yang sulit untuk di netralkan gigi transmisinya, apa penyebabnya?Settingan pengguna Sepeda Motor dengan Transmisi Manual menggunakan Kopling tangan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, untuk sepda motor jenis Moped Sport biasanya Handla Kopling di Set sangat dekat, artinya ketika Handle Kopling baru dibuka sedikit saja sudah terasa menghentak. Dan jika sudah menggunakan setingan seperti ini, maka akan sedikit sulit ketika menetranlkan gigi transmisi ke Nol, namun biasanya mudah dilakukan jika mesin dalam keadaan mati.
Setelan Kopling Motor agar mudah di netralkan
Ternyata setelan Kopling sepeda Motor agar mudah di netralkan adalah dengan cara mengatur setelan agar handle kopling menarik kopling agak dalam. Saya mengetahui hal ini ketika merasakan hasil service di bengkel resmi ketika mengajukan keluhan yang sama yaitu Sepeda Motor Susah Di Netralkan pada saat motor sedang hidup.Setelah di lakukan service, saya merasakan ada perbedaan ketika Gigi susah di netralkan dan ketika Gigi Kopling sudah mudah di netralkan, Kesimpulannya adalah :
- Handle Kopling di set tidak dalam, maka akan sulit untuk di netralkan ketika Mesin dalam keadaan hidup.
- Handle Kopling di set agak dalam atau cukup dalam, maka Gigi akan mudah di netralkan meski mesin dalam keadaan hidup.
Keterangan Gambar Handle Kopling, berdasarkan Nomor :
- Handle di tekan (untuk mengubah transmisi)
- Handle Kopling diangkat sedikit (Susah di netralkan)
- Handle Kopling diangkat sedang (Agak susah di Netralkan)
- Handle Kopling diangkat banyak (Mudah di netralkan)
- Handle Kopling Bebas (Saat gigi netral atau ketika sedang berjalan)
- Posisi pengaturan Kopling (MX-King)
- Gambar MX-King GP Biru tanpa Liveries MoviStar
Labels: bengkel, Kendaraan, motor, Permasalahan, Sepeda Motor