Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Berbagai kreasi dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI (HUT RI) memang memunculkan berbagai macam kreatifitas. Ada yang Unik, ada yang mengkritisi ada juga yang dibuat hanya sekedar untuk meramaikan suasana, termasuk Kreativitas Pemuda Karang Taruna di Kp. Pameungpeuk, Cijedil - Cugenang Cianjur, dimana mereka membuat Orang-orangan sawah sebagai kreativitas dekorasi di kampung tersebut.

Dalam hal ini saya sedikit bertanya tentang apa maksud dari dibuatnya Orang-orangan sawah dalam menyambut hari kemerdekaan RI tersebut. adakah tujuan, maksud atau pesan tertentu dibalik semua itu? entahlah.. namun itu unik dan lucu, meski sepertinya cukup menyeramkan jika dilihat malam hari, terlebih oleh mereka yang memiliki sifat penakut.

Orang-orangan sawah

Orang-orangan sawah menyambut HUT RIOrang-orangan sawah adalah Replika atau patung yang umumnya terbuat dari jerami yang di beri pakaian sedemikian rupa sehingga mirip seseorang yang sedang menjaga kebun, ladang, sawah dan lain sebagainya yang tujuannya untuk menakut-nakuti burung atau binatang lainnya dan yang masuk dalam kategori hama sawah.

Jadi boleh dikatakan kalau Orang-orangan sawah ini merupakan produk universal para petani yang ada di seluruh dunia.

Fungsi orang-orangan Sawah

Secara umum, orang-orangan sawah dibuat sebagai medium untuk menjaga lahan atau wilayah yang dari berbagai hewan yang dapat mendatangkan kerugian bagi penghuni dan produk dari lahan tersebut.

Orang-orangan sawah dibentuk sesuai dengan tempat dimana orang-orangan sawah itu akan disimpan, dan seiring dengan tempat yang digunakan, orang-orangan sawahpun memiliki karakter dan tekstur yang lebih menyerupai manusia.

Kaitan dengan Sosiologi 

Sebuah teori mengatakan bahwa manusia kerap menggunakan simbol-simbol untuk berinteraksi, seperti halnya dengan orang-orangan sawah, tentu memiliki pesan tersendiri bagi hewan ataupun manusia yang melihatnya meski orang-orangan tersebut dibuat hanya sebagai bentuk hiburan atau memeriahkan suatu acara.

Dekorasi HUT Kemerdekaan dengan Orang-orang Sawah

Orang-orangan sawah yang dibuat oleh para pemuda karang taruna Kp. Pameungpeuk Cianjur ini, bagi saya memberikan pesan tersendiri, diantaranya :

Untuk orang-orangan yang diletakan tepat di jalan masuk menuju Pameungpeuk atas
Orang-orangan sawah tersebut menggunakan Helm, Berjaket Merah dan bercelana Biru. Ini cukup menjelaskan bahwa Mayoritas penduduk di kampung tersebut Lebih mementingkan Keselamatan dalam setiap tindakannya. Menggunakan Helm juga merupakan Simbol Sepeda Motor sebagai alat transportasi utama dan juga sebagai Penunjang Usaha warga mayoritas di wilayah tersebut, mungkin ini juga ada kaitannya dengan Perbaikan Jalan yang baru-baru ini telah selesai.

Orang-orangan yang terletak di Pos Ronda
Di pos Ronda terdapat 2 orang-orangan, laki-laki dan perempuan. Yang laki laki berpakaian umum (warga) sedang berdiri, dan yang perempuan berpakaian layaknya seorang Guru sekolah atau PNS sedang duduk.
Ini mengandung pesan bahwa di Wilayah ini terdapat keharmonisan antara warga dan sekolah, yang berarti sudah waktunya Kp. Pameungpeuk menjadi salah satu wilayah di Cianjur yang lebih mengutamakan pendidikan bagi anak-anak warga tersebut, ini juga memberikan penjelasan bahwa warga kp. pameungpeuk bukanlah sebuah wilayah tertinggal, lebih jauhnya lagi ini memberikan pesan bahwa Warga kampung pameungpeuk merupakan salah satu wilayah terpelajar, Amin.

Semoga tulisan ini menjadi motivasi bagi warga Kp. Pameungpeuk Cugenang Cianjur untuk tetap Santun, Terpelajar, Hormat serta taat pada aturan Agama dan Negara.

Label: , , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Orang-orangan sawah menyambut HUT RI? ini ditulis pada Agustus 13, 2016, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Orang-orangan sawah menyambut HUT RI? di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch