Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Ada benarnya juga ketika keponakan saya mengatakan perihal kenapa saya tidak memiliki laptop yang speknya sedikit agak tinggi mengingat jenis pekerjaan yang saya geluti cukup memerlukan komputer spesifikasi tinggi.

Karena keterbatasan biaya, akhirnya saya memutuskan mencari laptop second di berbagai situs jual beli, dan akhirnya saya menemukan laptop yang cukup bersahabat dengan kantong saya namun memiliki spesifikasi yang bisa dibilang tinggi, Core i5 dari Acer.

Setelah sepakat untuk bertemu di rumah penjual laptop tersebut, saya pun menyiapkan berbagai keperluan dan perlengkapan untuk melakukan tes dan uji coba pada laptop tersebut mengingat penjualnya merupakan user biasa.

Tips membeli Laptop bekas

Meski penjualnya mengatakan bahwa laptop yang dijualnya dalam kondisi mulus dan tidak mengalami masalah, bagaimanapun juga saya harus tetap menguji laptop tersebut sebelum terjadi ijab kabul pembelian, dan berikut ini tips membeli laptop bekas versi saya:
  1. Sebelum berangkat, siapkan dan bawa CD/DVD software, CD musik atau DVD Film serta Headset
  2. Bawa juga Flashdisk dan MMC
  3. Bawa HP yang ada Bluetooth dan Wifi hotspotnya, saya yakin di tahun 2015 ini pasti sudah banyak yang memiliki handphone dengan fitur tersebut, ya... android.
  4. Perlengkapan tersebut akan digunakan untuk mengetes DVD Room, Port USB, Audio, Koneksi Bluetooth dan Wifi

Langkah selanjutnya sebelum membeli laptop bekas

  1. Cek fisik laptop, terutama pada bagian segel ini akan menjadi senjata anda dalam menawar harga.
  2. Pastikan LCD/LED atau Screen tidak mengalami masalah.
  3. Cek dan test semua tombol Keyboard, jangan ada yang kelewat.
  4. Cek area touchpad
  5. Cek Webcam
  6. Tak ada salahnya jika kita meminta agar baterai laptop di copot lalu dipasang kembali dan nyalakan lagi laptopnya, ini untuk melihat apakah daya baterai tiba-tiba berkurang drastis atau tidak.
  7. Tes Charger, ya... tes laptopnya agar terhubung dengan charger...
  8. Kemudian cek sistem dan mesin, anda tidak perlu membongkarnya, cukup ketik "dxdiag" pada windows search lalu enter, dan hasilnya akan memperlihatkan spesifikasi utama laptop tersebut, diantaranya adalah System Manufactur, System Model, Processor, Memory, VGA dan Audio.
  9. Untuk melihat hardware secara keseluruhan, ketik "Device manager" lalu enter dan disitu akan memperlihatkan sekumpulan hardware yang tersedia.
Selanjutnya mengenai kondisi fisik saya pikir ini tergantung si pembeli, apakah mau membeli laptop bekas dengan kondisi seperti yang terlihat atau mencari yang lebih mulus.

Jika anda kurang memahami mengenai hardware software komputer dan laptop, ada baiknya jika ingin membeli laptop bekas didampingi oleh orang yang faham dengan berbagai istilah dan permasalahan laptop.

Ini adalah pengalaman saya membeli laptop bekas, dan saya cukup puas dengan Laptop yang saya beli, semoga bermanfaat.

Labels: , , ,



| Cari Tips membeli Laptop Bekas di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch