Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Sebelumnya blog ini sering membahas tentang Relationship dan lika-likunya, kini saya akan mengulas sebuah Kreativitas dan Produktivitas yang bisa dilakukan seseorang ketika hendak membuat Kartu Undangan, baik itu Kartu Undangan Pernikahan, Kartu Undangan Acara, Kartu Undangan Ulang Tahun atau untuk Pesta lainnya.

Cara membuat Kartu undangan

Cara membuat Kartu Undangan sendiriKartu Undangan apa yang ingin anda buat? silahkan jawab dalam hati walaupun disini saya akan membahas tentang Cara Membuat Kartu Undangan untuk sebuah Pesta yang bersifat global, bisa Kartu Undangan Pernikahan, Kartu Undangan Acara atau Kartu Undangan Ulang Tahun.

Ada 2 pilihan yang bisa dilakukan dalam membuat Kartu Undangan, yaitu : 
  1. Dilakukan sendiri, artinya Pembuatan Kartu undangan dilakukan sendiri, mulai dari desain, pembelian bahan kertas, mencetak serta finishing.
  2. Menggunakan Jasa Percetakan, ini mudah... anda tinggal mengunjungi Perusahaan Percetakan, menceritakan maksud dan keinginan anda, siapkan uang lalu tunggu hingga selesai.
Oke, Kita bahas 2 item tersebut .

Cara membuat Kartu Undangan sendiri

Tujuan utama membuat Kartu Undangan sendiri adalah agar mendapat Custom Invitation atau Desain dan bentuk undangan disesuaikan dengan selera kita, ada yang membuatnya mirip Kartu Pos, kepingan CD, berbentuk Dokumen Identitas serta bentuk Undangan Unik lainnya. Selai itu, membuat kartu undangan sendiri dapat menghemat biaya produksi.

Berikut ini Langkah-langkah Cara membuat Kartu Undangan sendiri

Dibawah ini adalah cara, step by step atau langkah langkah cara membuat kartu undangan, khusus untuk undangan berbahan kertas dengan bentuk normal, tidak berbentuk 3D seperti kotak atau berbentuk kemasan.
  • Bagi yang memiliki Komputer dengan Keahlian Desain
    1. Memiliki keahlian desain tentu sangat memahami proses percetakan, maka desainlah kartu undangan yang anda inginkan sesuai dengan selera, hasil desain di copy ke Flashdisk atau CD
    2. Periksa kembali Desain Undangan tersebut, bila perlu di Print dulu untuk dibaca pula oleh orang lain yang bersangkutan, ini bertujuan untuk mengoreksi tulisan, jangan sampai tulisan Uleman menjadi Umelan. (Uleman adalah bahasa sunda untuk Undangan) 
    3. Datangi digital printing yang menyediakan jasa Print to Plate (PTP) atau Print Film atau bisa juga print di kertas Kalkir dengan cara dibalik. Namun jika ada, saya sarankan menggunakan Print to Plate karena nilai kualitas dan ekonomisnya
    4. Setelah mencetak desain Undangan pada pelat (plate), silahkan kunjungi jasa penyedia Cetak sablon dan Offsett, disana anda akan diberitahu mengenai berapa banyak bahan yang harus dibeli / disiapkan. Proses mencetak bisa berlangsung sehari atau lebih tergantung dari kuantitas Undangan yang akan dibuat.
    5. Setelah selesai di cetak, bawalah cetakan undangan tersebut ke jasa potong kertas untuk memotong cetakan tersebut sesuai dengan desain undangan, disini biasanya yang harus dihilangkan adalah bagian bagian area kertas diluar desain. Dalam istilah desain yang dipotong adalah Bleed, bisa juga langsung dipotong pada safe area.
    6. Setelah Cetakan Undangan dirapihkan dengan cara di potong oleh mesin, langkah selanjutnya adalah mengolah undangan tersebut, ini berarti dilipat jika undangan berbentuk lipatan kertas atau ditempel jika desai undangan terdiri dari beberapa bagian
    7. Setelah selesai mengolah Cetakan undangan, selanjutnya adalah membeli plastik Kartu Undangan, silahkan bawa Contoh undangan yang sudah jadi ke toko-toko yang menjual bahan undangan untuk mendapat pelastik yang sesuai, biasanya banyak terdapat di toko Stasionery atau toko buku dan alat tulis.
    8. Selai itu silahkan beli juga Stiker Label untuk mencantumkan nama yang akan di undang.
  •  
  • Bagi yang memiliki Komputer dan Printer tanpa keahlian desain
    1. Datanglah ke Toko-toko yang menjual Blanko Undangan, disana banyak pilihan dan bagus bagus. Belilah jumlah Blanko Undangan dengan kelebihan sebanyak 20-30pcs untuk mengantisipasi kegagalan saat mencetak, beli 1 paket (Blanku Undangan, Plastik, Label Nama serta kartu ucapan)
    2. Susunlah kata-kata dan kalimat dalam undangan menggunakan Microsoft Office Word, atur tata letak dan layout agar tepat pada bidang bidang yang harus diisi tulisan pada blanku undangan tersebut 
    3. Lakukan percobaan pada 1 blanko undangan, jika ada kesalahan penempatan maka lakukan perbaikan hingga benar benar tepat penempatannya.
    4. Periksa kembali Kata-kata, kalimat atau Konsep Undangan tersebut, bila perlu di Print dulu untuk dibaca pula oleh orang lain yang bersangkutan, ini bertujuan untuk mengoreksi tulisan.
    5. Jika semuanya sudah dirasa benar, maka mulailah mencetak menggunakan printer di rumah anda.
    6. Pada saat mencetak menggunakan Printer Rumahan, usahakan tidak ditumpuk terlalu banyak, buatlah maksimal 10 lembar untuk 1 kali proses print, ini dilakukan untuk mencegar adanya hasil peinter bergaris karena umumnya printer rumahan akan mengalami tinta bergaris jika melakukan cetak langsung dengan jumlah banyak.
  •  
  • Bagi yang tidak memiliki Komputer dan Printer
    1. Datanglah ke percetakan terdekat untuk memesan Kartu Undangan
    2. Tentukan Desain yang sesuai budget, biasanya disana terdapat banyak contoh jenis undangan dengan harga yang bervariasi pula, nawar juga boleh
    3. Tentukan atau pilih konsep kata-kata pada undangan, disini juga kita dapat memesan kata-kata atau kalimat sesuai dengan bahasa sendiri (Bahasa daerah)
    4. Pastikan nama-nama yang akan dicantumkan pada kartu undangan ditulis ejaannya dengan baik.
    5. Berikan Uang muka dan datanglah ke esokan harinya atau sesuai dengan yang dijadwalkan oleh percetakan untuk melakukan revisi dan proofing
    6. Pada hari yang dijadwalkan, anda akan mendapat draft kartu undangan, periksalah dengan teliti agar tidak ada kesalahan dalam penulisan nama dan kalimat, cek dan periksa draft tersebut baik baik, jika perlu bawa orang lain (calon pasangan) untuk membantu mengoreksinya
    7. Jika semuanya dirasa sudah benar, maka anda harus menunggu beberapa hari untuk mendapat undangan tersebut yang sudah jadi seusai dengan jumlah pesanan

Dimana saja vendor vendor yang mendukung pembuatan Kartu Undangan sendiri?

Kurang lebih seperti itulah Cara atau Langkah-langkah Membuat Kartu Undangan yang umumnya dilakukan di Indonesia. tahapan tahapan diatas mungkin akan berbeda dengan kenyataannya seiring semakin majunya teknologi percetakan.

Jika di Bandung, datanglah ke Jl. Pagarsih, disana terdapat banyak perusahaan yang menyediakan jasa Print to Plate, Print Film, atau Print Kalkir. Selain itu pula masih di area yang sama terdapat banyak tukan sablon dan Offset serta toko penjual bahan kertas dan jasa pemotongan kertas.

Label: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Cara membuat Kartu Undangan ini ditulis pada September 03, 2015, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Cara membuat Kartu Undangan di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch