Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Ini adalah kisah nyata mengenai seorang pemuda yang hanya lulusan SD berkeinginan menjadikan kehidupan dan keuangannya lebih baik dengan cara menjadi seorang Blogger.

Sebut saja namanya Ujang, pemuda berusia 20 tahun ini pernah mengalami pahitnya kehidupan dengan himpitan ekonomi ditengah kehidupan orang tuanya yang tergolong keluarga berpenghasilan terbatas. Tamat dari SD dengan rangking biasa biasa saja, Ujang mulai bekerja di sebuah home industri yang memproduksi Bakso, berbagai resiko, kecelakaaan serta gaji yang didapatkan membuat Ujang hengkang dari tempat itu dan mencoba peruntungan menjadi penjual mie bakso.

Namun kepindahan profesinya belum dapat mencukupi kebutuhan serta keinginannya, akhirnya ujang mencoba merantau ke Jakarta bermodalkan ajakan seseorang untuk bekerja di sebuah garmen rumahan. Ada sedikit peningkatan disini namun Ujang tetap menginginkan pekerjaan yang jauh lebih baik dan Ujangpun kembali ke kampung halamannya untuk mencari pekerjaan baru.

Tertarik menjadi Blogger yang memiliki penghasilan

Sekembalinya ke kampung halaman, Ujang belum memutuskan untuk bekerja hingga akhirnya bertemu dengan saya. Ternyata selama ini Ujang memperhatikan keseharian saya yang selalu ada dirumah namun sepertinya tidak kekurangan uang.

Ujang pun mulai bertanya mengenai darimana saya mendapat penghasilan karena dia selama ini melihat saya sebagai orang yang selalu ada dirumah, kadang terlihat hanya bermain seharian sama anak anak (ngasuh anak).

Tidak seperti tetangga lainnya yang selalu berkata "Wah, sepertinya saya tidak mungkin bisa", ketika saya mengajak Ujang yang ternyata sangat tertarik untuk menjadi Blogger, ujangpun mengatakan bahwa mau belajar untuk memiliki penghasilan seperti saya meski harus mengeluarkan biaya yang terbilang besar bagi Ujang.

Cara dan modal agar memiliki penghasilan dari Blog

Saya mengatakan pada ujang bahwa untuk memiliki penghasilan dari internet tentu saja peralatan yang diperlukan adalah setidaknya komputer rumahan + akses internet, saat itu saya menyarankan pada Ujang untuk membeli Laptop seken + modem portable yang bisa didapat dengan harga total sekitar 2 jutaa.

Berhubung Ujang sama sekali tidak penah menyentuh komputer, tentu saja yang saya sarankan adalah agar bersedia mempelajari penggunaan komputer serta hal hal lainnya yang mendukung untuk menjadi Blogger, hal ini akan berlangsung selama 1 hingga 3 bulan tergantung daya tangkap pembelajaran, tentu saja ini memerlukan biaya tambahan.

Saya juga menyarankan agar memanfaatkan jasa penulis sebagai awal pembuatan blog yang nantinya tulisan tulisan tersebut bisa di pelajari sendiri oleh ujang sehingga ujang bisa menemukan gaya menulis, dan yang terpenting tulisan yang dimuat harus original bukan copy paste.

Setelah dihitung hitung, biaya yang diperlukan oleh ujang waktu itu adalah : 
  1. Beli Laptop dan Modem Rp. 3juta
  2. Biaya Belajar dan bekal selama belajar (waktu fleksibel) Rp.2juta
  3. Biaya jasa penulis artikel Rp. 2juta
Total biaya yang diperlukan adalah Rp. 7 juta.

Namun saya juga memberi cara lain agar lebih terjangkau, yaitu penuhi dulu point pertama. sementara point 2 dan 3 bisa dilakukan secara bertahap dan dilakukan di waktu senggang dari pekerjaan pokok.

Niat dan kerja keras yang kuat kunci keberhasilan

Setelah mendapat pemaparan seperti itu, ujangpun mulai mengumpulkan uang untuk membeli sebuah Laptop + modem. Saya merasa salut mengingat ujang hanyalah lulusan SD.

3 bulan kemudian Ujang kembali lagi pada saya dan membawa sejumlah uang lebih dari cukup untuk membeli Laptop seken, dia juga mengatakan bahwa uang tersebut didapatkannya dari berbagai pekerjaan kasar yang dilakukannya.

Tahap Pertama : Ujang sudah memiliki Laptop dan Modem
Seperti yang saya sanggupi 3 bulan sebelumnya bahwa saya bersedia mengajarkan Ujang untuk menjadi seorang user komputer, hampir tiap hari sepulang kerja dia datang kerumah untuk mendapat pelajaran dari saya.

2 bulan berlalu kini ujang sudah mahir menggunakan laptop hanay sebatas User dan diapun mulai bertanya tentang membuat Blog.

Tahap kedua : Mulai membuat Blog
Sebenarnya pada tahap pertama pun ujang sudah memiliki akun yang bisa digunakan untuk membuat Blog, namun disin lebih mengarah kepada konten blog yang akan menjadi miliknya. Saya menyarankan agar konten blog yang akan dibuatnya harus benar benar dikuasai dan dipahami, jika selama ini Ujang bekerja di tukang bakso, menjadi penjual mainan atau menjadi pekerja bangunan, maka muatlah isu isu, tips dan pentunjuk yang sesuai dengan pengetahuan ujang saat itu, tulisan yang dibuat bertujuan untuk memberikan petunjuk atau mempermudah pembaca.

Meski sudah paham, Ujang belum siap menjadi Blogger karen belum bisa membuat tulisan yang baik, akhirnya dia meminta bantuan saya untuk membuatkan beberapa artikel hingga memenuhi kualifikasi diterima oleh Advertiser. Sayapun menyanggupinya dengan senang hati, dan dijamin tulisan yang akan saya berikan adalah original.

Kini Ujang sudah jarang datang kerumah, kami sekarang mengobrol secara online, setiap artikel yang saya buat langsung dikirim melalui email untuk di upload sendiri oleh ujang ke blognya, tak terasa 1 bulan telah berlalu dan kini ujang sudah memiliki blog dengan 100 artikel.

Tahap ketiga : Mulai mendapat penghasilan
Setelah blognya memiliki cukup artikel dan berpotensi mendatangkan pengunjung lebih banyak, sayapun menyarakan agar Blognya mulai di uangkan / di daftarkan pada advertiser yang membayar blog.

Tak ada kesulitan yang dialami ujang, 3 hari setelah blognya di uangkan (didaftarkan dan diterima), kini ujang sudah mulai mengumpulkan pundi pundi penghasilannya dari blog, sayapun mulai melihat ada perkembangan dari ujang setelah melihat konten blognya sudag bukan merupakan artikel buatan saya, makin bertambah.. bertambah dan berkembang hingga ujang mulai menemukan gaya menulis artikelnya.

Gaji pertama dari penghasilan Blog

Masuk di bulan ke 4, Gajihan pertama ujang didapatkannya sebesar $135, ujangpun terlihat riang gembira ternyata apa yang saya katakan adalah benar bahwa dari Blog akan menhasilkan uang.

Melihat hal itu, ujangpun nampak bersemangat, kini dia rutin mendapat penghasilan diambang batas pembayaran dan masuk bulan ke tujuh dan seterusnya penghasilannya kian bertambah dan bertambah, blognya pun makin bervariasi.

Setahun sudah berlalu, ujang mengatakan pada saya bahwa rekor tebaiknya adalam mendapat $280 dalam sebulan dan kemungkinan akan terus bertambah... Jika di kalkulasikan dalam rupiah, pada pertengahan tahun 2015 penghasilan ujang sudah mencapai Rp. 3,5 juta per bulan.

Selamat ya Ujang, Ketika seseorang berada ditengah kesulitan ekonomi biasanya terlalu sayang jika harus membeli Laptop dan belajar... mereka biasanya lebih memilih bekerja yang tidak memerlukan modal awal apalagi harus belajar lagi, makanya kehidupan perekonomian mereka selalu lambat.

Labels: , , , ,



| Cari punya Penghasilan dari Blog meski bukan Penulis di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch