Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Sudah dua hari kehidupan normal saya ini terusik oleh suara tiittt...tiittt...tiittt... dari meteran listrik tetangga, sempat bertanya-tanya dalam hati mengenai "Sudah tak sanggupkah mereka membeli pulsa Listrik?". Ingin rasanya bertanya kenapa hal itu (alarm listrik bunyi terus) terjadi, namun berbagai perasaan berkecambuk, takut pemiliknya tersinggung, minder atau perasaan lainnya yang bisa membuat mereka tidak nyaman.

Mungkin terlihat simple, tinggal tanya, "Kok meterannya nyala terus, apa ada masalah?". Kebanyakan kita hanya mengetahui jika Alarm Meteran Listrik Token akan berbunyi manakala pulsa listrik akan habis, dan apa yang saya lakukan ketika hal itu terjadi adalah segera mengisi pulsa token listrik agar bunyinya cepat hilang, jika didiamkan berlama-lama takutnya mengganggu tetangga, dan juga menghindari omongan tetangga "Hwallah... poya-poya terus, tapi pulsa listrik gak kebeli".

Alarm Meteran Listrik Token bunyi terus-terusan

Apa yang saya takutkan ternyata salah, si pemilik rumah yang jarang bergaul itu mulai menjelaskan mengenai meteran listriknya yang bunyi terus itu. "Error Nih Meteran, kata petugas PLN harus di Reset ulang, ini terjadi setelah saya sudah ngisi pulsa yang harganya satu juta". Katanya.

Halah... tuh kan, satu jutanya di sebutin.

Karena orang yang jarang berbaur dengan warga itu mau berteriak-teriak mengenai masalah meteran listriknya hampir ke semua orang yang lewat depan rumah, sayapun mencoba menawarkan bantuan semoga saja bisa.

Orangnya keras... "Gak apa-apa, saya sudah nelpon petugas PLN kemarin". Haduh.. pak, ini udah dua hari... biar saya bantu, mudah-mudahan bisa.

Akhirnya tetangga itu mengijinkan saya untuk melihat meteran listriknya.

Pesan ERROR pada layar Meteran Listrik

Setelah dilihat dari dekat, ternyata memang benar, di layar meteran listriknya terlihat pesan error, hanya bertuliskan ER---, entah apa maksudnya.

Setelah browsing di internet, ternyata ada beberapa informasi yang berkaitan dengan Kode Rahasia Meteran Listrik Token, sayapun mencoba untuk melakukan reset dengan cara menekan tombol 00 kemudian enter.

Namun ternyata Tombol-tombol pada meteran listrik itupun sama sekali gak berfungsi alias gak bisa di apa-apain, kalo komputer itu namanya nge-Hang.

Mematikan bunyi alarm Listrik token yang bunyi terus-terusan

Memperbaiki error pada meteran listrik token
Berdasarkan informasi, untuk memperbaiki, mengatasi atau mematikan bunyi alarm dari meteran listrik token ini adalah dengan cara mematikan aliran listrik ke instalasi rumah dengan cara men-switch MCB (Mini Curcuit Breaker) yang terpasang di Meteran listrik.

Matikan Aliran listrik kurang lebih sepuluh menit, selama itu juga cabut dan matikan lampu dan perangkat rumah tangga yang menggunakan listrik.

Setelah 10 menit, nyalakan kembali listrik untuk instalasi rumah, kembali dengan menswitch MCB. Kemudian nyalakan satu-persatu lampu dan perangkat rumah tangga yang menggunakan listrik hingga pada akhirnya Layar di Meteran Listrik menunjukan pesan PERBAIKI.

Memperbaiki Pesan Error pada meteran Listrik Token

Perlu diketahui bahwa Meteran Listrik Token menggunakan beberapa produk dan juga teknologi yang berbeda, dalam hal ini Meteran Listrik yang saya gunakan adalah mereknya HEKING. Jika terdapat pesan error "Perbaiki" pada layar meteran listrik, yang harus dilakukan adalah menekan tombol pada angka 0 sebanyak dua kali kemudian tekan enter "00, lalu enter".

Kode Meteran Listrik Token

0-0-Enter = Untuk mereset Meteran listrik jika terdapat pesan PERIKSA
0-3-Enter = Untuk melihat berapa KWh yang telah digunakan selama meteran listrik ini dipasang
3-7-Enter = Untuk mengetahui informasi KWh yang tersisa
4-1-Enter = Untuk mengetahui tegangan listrik saat ini
4-4-Enter = Untuk mengetahui arus listrik
4-7-Enter = Untuk mengetahui jumlah watt yang digunakan
6-9-Enter = Untuk mengetahui berapa kali telah mati listrik
5-9-Enter = Untuk mengetahui berapa kwh terakhir kali di isi
5-4-Enter = Untuk mengetahui nomer token stroom terakhir yang di masukan
7-5-Enter = Untuk mengetahui nomor ID pelanggan / nomor meteran.
7-9-Enter = Untuk mengetahui batas terendah pulsa listrik sebelum alarm berbunyi
7-8-Enter = Untuk mengetahui batas terendah kedua jika alamr dimatikan pada batas pertama

Untuk mengatur batas terendah pulsa listrik sebelum alarm berbunyi adalah dengan cara menekan tombol 45605 lalu tekan enter, artinya batas terendah yang akan terlihat di layar Meteran listrik adalah 500, jika menekan 45610, maka batas terendahnya adalah 1000 kemudian alarm akan berbunyi.



Note : Sebaiknya hubungi Petugas PLN di kota anda untuk memperbaiki segala permasalahan yang terjadi dengan perangkat milik PLN.

Label: , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Memperbaiki Error meteran Listrik token ini ditulis pada 3/14/2017, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Memperbaiki Error meteran Listrik token di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch