Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Awalnya saya cukup heran ketika Smartphone Android second yang saya beli ternyata tidak bisa login ke akun gmail, kupikir "Wah... jangan-jangan HP replika nih", tapi jelas ini Smartphone Branded dan bukan replika. Lalu apa penyebab tidak bisa login ke Gmail di Smartphone Android ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Ketika membeli Handphone android baru, untuk bisa menikmati berbagai aplikasi dari google play store syaratnya adalah harus menambahkan akun yang terhubung dengan Google, nah... kasusnya adalah ternyata saya tidak bisa menambahkan akun google alias tidak bisa login.

Tidak bisa Login ke Gmail di Android

Logisnya, menurut google jika mengalami kesulitan Login ke Gmail di handphone android adalah adanya kesalahan penulisan atau salah password, dan berikut ini kutipan dari Google Help :

Jika Anda tidak dapat masuk di perangkat Android, coba langkah-langkah pemecahan masalah ini. Anda juga dapat mencoba mengembalikan perangkat ke setelan pabrik dan menambahkan Akun Google lain, tetapi perlu diingat bahwa mengembalikan ke setelan pabrik akan menghapus semua data. 

Haha, bukan.... bukan itu yang sedang saya cari, saya ingat username dan password karena telah menggunakan dan mengingatnya lebih dari 5 tahun. Permasalahan yang terjadi adalah tidak bisa login di android karena katanya tidak dapat terhubung ke server, notifikasinya kira-kira seperti ini :

Couldn't Sign in
Can’t establish a reliable connection to the server.

This could be temporary problem or your Android device may not be provisioned for data services. If it continues, call Customer Care 
Jika dalam bahasa indonesia
Tidak dapat masuk
Tidak dapat menjalin Sambungan Yang dapat diandalkan ke server.

Mungkin masalah Sementara atau Perangkat android Anda mungkin tidak dapat mengakses Layanan data.
Jika masalah tetap ada, hubungi dukungan pelanggan
Adapun keperluan login ini biasanya diperlukan ketika pengguna akan mengakses, Google Play Store, Youtube, Google Plus dan Produk Google lainnya.

Tapi saya kan gak punya akun google, gimana caranya agar bisa download aplikasi? beuh.... ya bikin akun google dong ah, entar saya bahas, atau silahkan aja googling karena sudah banyak yang mengulas tentang cara membuat akun gmail di hp android.

Penyebab tidak bisa Login ke Gmail di Android

tidak bisa login ke gmail di HP androidBerdasarkan keterangan pemilik sebelumnya, kondisi seperti ini (tidak bisa login ke akun gmail di hp android) biasanya disebabkan oleh aktivitas rooting device, atau handphone nya sudah di root untuk tujuan tertentu. Kemungkinan Rooting Device tersebut agar tidak selalu mengupdate aplikasi yang kebanyakan berjalan dibalik layar atau working on background.

Ya, update aplikasi memang menyebalkan, terutama bagi mereka yang Irit menggunakan Data Internet, bayangkan saja, untuk seluruh aplikasi dari Group Google jika di update semuanya bisa memakan data kurang lebih 400 - 500mb.

Jadi penyebab tidak bisa login ke akun gmail di android adalah ada salah satu pengaturan yang sengaja di ubah agar tidak tersambung ke server google.

Memperbaiki tidak bisa login ke gmail di HP android

Hampir semua blog yang membahas cara mengatasi tidak bisa login ke gmail di android memberikan penjelasan yang sama, yaitu : Root, Edit file Host dan reboot. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa hal itu dapat diatasi cukup dengan mengupgrade Google Play Service. Kebanyakan pernah saya coba, namun tak satupun yang berhasil.

Setelah memperhatikan beberapa fungsi dan file yang terdapat pada folder rooted di android, akhirnya saya menemukan cara efektif mengatasi permasalahan tidak bisa login ke gmail di android.

Langkah-langkah mengatasi susah login ke gmail di HP android

Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki kseulitan login ke gmail di LG Android second yang baru saja beli dari seseorang.
  1. Handphone harus di root dulu, ada banyak aplikasi android untuk rooting android device, saya sendiri menggunakan KingRoot.
  2. Setelah Handphone di Root, cari file yang bernama HOST, biasanya terletak di folder system/etc
  3. Edit file HOST menggunakan aplikasi yang diberi ijin oleh aplikasi root seperti Root Explorer dan lainnya, saya sendiri menggunakan TOTAL COMMANDER untuk mengedit file tersebut.
  4. Dalam file HOST hanya terdapat tulisan IP Address 127.0.0.1 localhost dan dibawahnya ip address lainnya yang berakhiran ke server google contoh : 74.125.93.113 android.clients.google.com
  5. Nah, file host ini ada yang mengatakan harus di hapus, namun saya sendiri lebih suka menambahkan tanda pagar (#) di depan ip address android.clients.google.com, contoh : asalnya 74.125.93.113 android.clients.google.com menjadi #74.125.93.113 android.clients.google.com
  6. Save file tersebut, lalu reboot handphone (matikan lalu nyalakan lagi).
  7. Selesai
Normalnya, file HOST hanya berisi ip address 127.0.0.1 localhost, jadi jika menghapus ip dan kalimat lainnya itu juga merupakan salah satu solusi.

File HOST di folder system root ada 2, dan yang dapat di edit adalah pada folder File System Root/etc/hosts, sementara file HOSTS di File System Root/system/etc/hosts tidak bisa di edit karena hosts di folder ini merupakan file yang sama.

Label: , , , , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Gak bisa login ke akun Gmail di Android ini ditulis pada 9/01/2016, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Gak bisa login ke akun Gmail di Android di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch