Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat

Karena sering melihat iklan di indovision yang selalu menayangkan promo internet super cepat hingga 150mbps, sayapun penasaran untuk menjajal akses internet XLGO yang merupakan salah satu produk internet dari PT XL Axiata Tbk.

Jangkauan XL4G

Area XL4G internetSetiap inovasi dan teknologi terbaru sudah tentu akan menjangkau kota-kota atau daerah-daerah strategis terlebih dahulu, dan biasanya beberapa wilayah tertentu akan sedikit terlambat untuk mendapat fasilitas tersebut.

Seperti halnya di Kabupaten Cianjur dimana jaringan internet 4G cukup terlambat kehadirannya dibanding kota-kota besar lainnya. Namun berdasarkan data covarage area 4G XL sebagian wilayah cianjur sudah berwarna ungu muda, ini artinya jaringan 4G xl sudah bisa dinikmati oleh sebagian warga cianjur.

Membeli XLGO Mobile Wifi di cianjur

Rasa penasaran membuat saya mengunjungi Digicom Cianjur untuk membeli Modem Router XLGo Mobile Wifi seharga kurang lebih Rp. 450ribu an. Sebelum memutuskan membeli XLGO Mobile Wifi, saya bertanya dulu pada pemilik toko mengenai sejauh mana fungsi XLGO ini jika digunakan diwilayah Cianjur.

dimana Beli XLGO MOdem WifiJika dilihat dari kemasannya, disitu terlihat juga paket bundling yang menawarkan 60GB akses internet untuk setiap pembelian Mobile Wifi tersebut, namun pemilik toko malah berkata "Ini ibaratnya kami hanya menjual modemnya saja, soalnya untuk mengaktifkan kartu nya tidak bisa, katanya berada diluar Covarage Area 4GLTE".

Meski bingung dengan penjelasan tersebut, saya tetap membeli modem router XLGO Mobile Wifi tersebut karena merasa tergiur dengan paket internet dari XL yang sangat besar, Total bisa mendapat akses data sebesar 140gb dengan harga Rp. 300.000.

Sepertinya untuk sementara smartfren akan di pensiunkan dulu mengingat harga 300ribu dari smartfren hanya mendapat kuota tak lebih dari 36gb.

Menjajal XLGO Mobile Wifi

Setelah berhasil mendaftarkan kartu bundlingnya, tak lama kemudian ada notifikasi SMS yang mengatakan bahwa saya mendapat akses internet sebesar 60gb yang terbagi 20gb untuk semua jaringan dan 40gb untuk jaringan 4g saja. Ini artinya jika di daerah saya tidak terjangkau jaringan 4G maka yang bisa digunakan hanya sebesar 2gb.

Berdasarkan data covarage area 4G XL, daearh tempat tinggal saya tercakup dalam area 4G, namun indikator yang muncul hanya menunjukan akses internet dalam jaringan 3G. Saya coba utak atik dan akhirnya modem bisa menangkap sinyal jaringan 4G meski sangat lemah.

Untuk mengetahui kordinat wilayah yang digunakan untuk menjajal XLgo ini bisa ditemukan di google map, search aja dengan keywords "EnnoDR".

Kecepatan XLGO Internet di wilayah yang lemah sinyal 4G

Kecepatan XLGO Internet di wilayah yang lemah sinyal 4GSaat ini modem router sudah di set ke jaringan 4G dengan sinyal yang sangat lemah karena tidak satu barpun terlihat, namun setelah di coba kondisi sinyal seperti ini cukup memuaskan karena nyatanya akses internet terbilang stabil. Sebagai percobaan, saya coba mendownload file iso yang ukurannya sebesar 3gb dan berhasil di download tak lebih dari 1 jam, cukup cepat bukan.

Berdasarkan data speedtest.net, jaringan 4G xl di daerah saya hanya mendapat antara 2-6mbps untuk download dan sekitar 0,5-2mbps untuk upload. ini kondisi sinyalnya nol bar.

Penasaran bagaimana jika dicoba di Cianjur kota, sayapun membawanya ke pusat kota Cianjur dan terlihat jelas sinyal XL4G 100% penuh, 5 bar berwarna hijau dari 5. Kupikir jika sinyal 4G tersebut full maka akses internet akan jauh lebih cepat daripada diwilayah saya yang 4Gnya nol sinyal, data speedtest.net menujukan 15-20Mbps untuk download dan 5-10Mbps untuk upload.

Kecepatan jaringan xl4g di CianjurSaat ini modem XLGO masih menggunakan paket bundling, sebelum menggunakan paket internet XL super besar 140GB seharga Rp. 300 ribu / bulan.

Semoga artikel ini menjadi referensi bagi yang hendak membeli XLGO Mobile Wifi khususnya di wilayah Cianjur. Tulisan selanjutnya akan membahas tentang :
  1. Cara registrasi XLGO di luar jaringan wilayah (berhasil)
  2. Cara mengatur XLGO Mobile Wifi agar mendapat sinyal 4G

Labels: , , , ,



| Cari Pengalaman menggunakan XLGO Mobile Wifi di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch