Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Setelah Kang Irvan Rivano Muchtar terpilih menjadi Bupati Cianjur untuk periode 2016-2021, pemandangan di Cianjur kini ada yang berbeda, banyak bertebaran poster, spanduk, & Baligho yg bertuliskan 'Cianjur Jago', tak hanya disitu, mobil dinas pun tak luput dari penempelan Logo Cianjur Jago ini bahkan sampai ke trotoar untuk pejalan kaki pun ada logo Jago nya.

Ini merupakan Promosi yang hebat, hampir disetiap jalan di cianjur kota akan dengan mudah melihat logo Cianjur Jago ini. Lalu, apa makna, maksud, tujuan dan juga Filosofi dari Logo Cianjur Jago ini?

Tulisan ini akan membahas tentang siapa Pembuat Logo Cianjur Jago, maksud saya siapa sih yang mendesain logo tersebut. Namun sebelumnya akan menampilkan tentang maksud, makna, tujuan dan juga filosofi dari logo tersebut.

Cianjur Jago? maksudnya apa sih?

Berikut ini kutipan video to text yang diambil dari channel youtube Humas Cianjur tentang tujuan, filosofi atau makna yang terkandung dalam logo Cianjur Jago.

Assalamualaikum

Kali ini saya (humas cianjur) akan membahas tentang Cianjur Jago, Masyarakat Pasti penasarankan atas makna dari slogan tersebut?.

Sebelum membahas lebih dalam, mari kita membuka makna gramatikal dari makna JAGO.

Jago dalam kamus bahasa indonesia berarti :
  1. Ayam Jantan
  2. Calon Utama
  3. Orang yang Terkemuka penganjur
  4. Juara
Jadi kurang lebih, JAGO mengandung makna subtansial yang menunjukan Orang, Kelompok, wilayah atau daerah yang memiliki kemampuan diatas Rata-rata. Memiliki keunggulan, memiliki sifat kuat, tahan banting, berkarakter serta memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi tantangan sekaligus memiliki sikap cepat, cermat dan inovatif dalam merespon keadaan.

Sedangkan Jagoan adalah orang yang memenangkan perlombaan atau bisa mengalahkan lawan, menegakkan keadilan serta manusia nggulan yang dijadikan tumpuan serta panutan bagi kaum lemah dalam menghadapi segala tantangan.

Jagoan pasti mengandung makna fisik, psikis, sosiologis atau bahkan politis.

Menafsir kata Jago secara filosofis dalam konteks kecianjuran bisa kita lihat dalam pilar budaya Adiluhung, yakni Ngaos, Mamaos dan Maenpo.
Kondisi Masyarakat Cianjur yang tergambar dalam tiga pilar budaya menunjukan keseimbangan antara Olah Jiwa, Olah Rasa dan Olah Raga.

Keseimbangan tersebut tercermin dari Masyarakatnya yang Ramah, Tenggang Rasa, Toleran, Saling membantu, menjunjung tinggi keindahan, pelestari alam, pekerja keras dan memiliki ketaatan terhadap ajaran Agama.

Bupati Cianjur sedang berupaya menyampaikan pesan, menggelorakan semangat serta menawarkan paradigma kepemimpinan dalam rangka mencapai visi cianjur yang lebih maju dan Agamis.

Pesan ini disampaikan oleh Humas Cianjur
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kEhaum0XNV0

Nah begitulah pesan yang terkandung dalam logo Cianjur Jago tersebut.

Sebuah koran lokal memberitakan bahwa Logo Cianjur Jago ini hanya sebatas Jargon untuk meningkatkan semangat warga agar bisa unggul dalam segala bidang. Sugih Mukti Tetap dipertahankan tidak diganti.

Siapa yang membuat logo Cianjur Jago?

Terlepas dari berbagai pendapat yang di ulas oleh Media Lokal dan juga media daring, disini saya akan sedikit menyinggung tentang Desain Logo terutama mengenai siapa yang membuat Logo Cianjur Jago tersebut, apakah dibuat oleh Graphic Designer professional, Fresh Graduate, masih kuliah, desainer percetakan atau dari seseorang yang memiliki kemampuan Desain secara Otodidak?.

Yang sering terlihat, logo Cianjur Jago memiliki komposisi warna yang cukup sedikit, kita akan mengingatnya dalam warna Merah, Hitam dan warna dasar putih, meski pada beberapa media tertentu memiliki warna berbeda.

Sebagai Pemerintah Kabupaten yang merupakan salah satu Wilayah Kerja Perangkat Provinsi tentu tidak akan sembarangan dalam menentukan atau membuat sebuah desain ataupun maskot meski ini bersifat Jargon Cianjur Jago. Perlu adanya tenaga ahli dan professional sehingga nantinya desain tersebut akan menjadi salah satu dari kekayaan Intelektual yang dimiliki Kabupaten Cianjur.

Jika melihat logo jargon nya kota bandung, kita bisa melihat logo Bandung Juara tersebut cukup identik dengan kang Ridwan Kamil, bagi saya sendiri logo tersebut tidak hanya menggambarkan kang Emil, namu lebih kepada Muda, Modis dan Pintar.

Kembali ke Logo Cianjur Jago, ada sedikit yang mengganggu pemandangan saya pada Silhuet logo Kepala Ayam tersebut, rasa-rasanya pernah melihat di beberapa website image stock.... nah.. lho.

Orisinalitas Logo Cianjur Jago patut dipertanyakan.

Mengenai desain Hulu Hayam pada Logo Cianjur Jago, tanpa sengaja saya menemukan beberapa sumber yang cukup identik dengan logo kepala ayam tersebut, boleh dibilang sangat presisi. Sumber logo ayam tersebut memang merupakan website stock image yang artinya desain yang ada pada website tersebut dapat dibeli yang selanjutnya boleh digunakan untuk berbagai kepentingan.

Meskipun katanya ini Hanya JARGON, tapi perhatikan gambar berikut ini :

pembuat logo Cianjur jago
Sumber Gambar bisa ditemukan di salah satu stock image berikut ini:
https://www.shutterstock.com/image-vector/stylized-rooster-315157058
https://www.fotolia.com/id/93980806

Berdasarkan alat uji data terstruktur dari Google, tanggal upload pada Sumber gambar di fotolia terlihat diupload sejak 2015-10-20 oleh Egret77 merupakan Freelance Vector Artist yang menjual hasil karyanya di berbagai web stock image.

Gambar kepala ayam tersebut seluruh curva nya sangat persis, jumlah jawer atas ada tiga, pamatukna keur baeud, jawer handapna sarua pisan bentukna, matanya ada environment (bulatan putih kecil), lengkungan beuheungna oge sarua, bahkan warnanyapun sama merah dan hitam, yang membedakan hanyalah efek dan juga ukuran rasio.

ini hanya Kebetulan saja?

Mungkin akan terlihat beda jika mulut ayamnya terbuka mirip logo burung garuda, matanya dibikin garang / sedang fokus (tidak bulat), jawer atasnya dibikin berbeda meski ada tiga (ngaos, mamaos, maenpo).

Entahlah kita tidak tahu, apakah itu memang kebetulan yang terlalu kebetulan atau Stock Image tersebut sudah dibeli hak ciptanya, tapi jika menggunakan karya yang sudah ada sebelumnya, sepertinya itu bukan mental juara.

Anda mungkin pernah mendengar kasus Logo Cap Kaki Tiga yang telah digunakan cukup lama akhirnya di gugat oleh warga inggris karena diklaim telah mengadopsi komponen logo pada bendera negara Isle of Man.

Akan lebih bagus diadakan sayembara jika dikemudian hari pemerintah kabupaten Cianjur ingin membuat maskot atau desain, pesertanya khusus warga cianjur dengan pengawasan ketat agar tidak terjadi Copycat Concept of Design, hadiahnya pergi umroh sekeluarga... hehe.

Jadi siapa yang membuat Logo Cianjur Jago ini?

Labels: ,



| Cari Tentang Logo Cianjur Jago di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch