Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Bagaiman cara menulis artikel yang baik serta SEO Friendly? bagaimana tehnik menulis artikel yag benar agar mampu menjadi top artikel pada setiap mesin pencari di internet?

Tulisan ini mungkin sedikit panjang, so... bersantailah dalam membacanya.


Berawal dari sebuah kegagalan yang saya alami pada blog ennodr.com, disini saya akan berbagi bagaimana agar artikel online kita dapat dengan cepat terindek oleh mesin pencari, tidak hanya sekedar terindek, tapi menjadi top 10 yang berarti artikel kita berada pada page 1.

"Agar artikel lebih bisa menjadi top pencarian di internet, gunakan saja keyword sebanyak-banyaknya dan berulang ulang". Ini Salah!

Persiapan menulis artikel

Sebelum menulis sebuah artikel SEO, yang harus diperhatikan adalah memperkirakan pembaca seperti apa yang diharapkan, apakah mereka...:
  1. Sedang mencari solusi
  2. Sedang bertanya
  3. Sedang mencari bahan untuk ditiru / sebuah contoh
  4. atau hanya mencari referensi

Deskripsi artikel harus menarik

Penulisan deskripsi singkat namun padat menjadikan sebuah artikel lebih mudah dicari di internet.
Keyword seperti ini juga saya pikir tidak menjamin sebuah artikel akan berada pada top pencarian di internet, misalnya : "Inilah cara paling baru, terupdate, terlengkap, heboh, sangat bagus, bagus terbaik".

Bagaimanapun juga, google, bing atau yahoo memiliki sistem tersendiri agar dapat memberikan saran yang tepat pada setiap pengguna internet.

Langkah-langkah membuat artikel agar SEO Friendly

Saya tidak akan membeberkan cara menulis artikel dengan pribahasa jurnalistik yang tidak dipahami semua blogger, yang diinginkan blogger hanyalah agar artikelnya memiliki pembaca dalam jumlah cukup banyak, ya.. hanya itu saja.

Tentukan judul artikel

Di blogger, saya lebih sukan menentukan judul secara singkat, misalnya "Menjadi penulis artikel blog". Blogger akan menggenerate url artikel berdasarkan judul artikel, seperti contoh judul artikel tersebut, maka urlnya akan menjadi http://ennodr.blogspot.com/2015/05/menjadi-penulis-artikel-blog.html.

Jika seluruh artikel sudah di tulis dan di publish, edit kembali artikel tersebut untuk menentukan judul yang diinginkan, misalnya "Cara menulis artikel yang baik dan benar serta SEO Friendly", atau silahkan tentukan sendiri.

Cobalah cari di google dengan Keyword "Cara menyadap BBM", lihat apakah blog saya beada di urutan pertama? atau top 10, silahkan pelajari kontentnya.

Paragraf pembuka

Seperti yang saya sebutkan di atas, kira kira pengunjung seperti apa yang kan membaca artikel kita, bertanya, mencari solusi, mencari sebuah contoh atah sedang mencari referensi.

Jika menginginkan pengunjung yang mencari sebuah solusi permasalahan, maka pada paragraf awal yang harus di tulis adalah mengenai sebuah permasalahan itu sendiri.

Contoh "Awalnya saya tidak tahu dan kebingungan bagaimana cara menulis artikel yang baik untuk blog saya, jujur saja saya tidak pernah kuliah jurnalistik. Namun seiring berjalannya waktu sayapun mulai memahami bagaimana yehnik menulis artikel blog agar cepat terindek oleh mesin pencari"

Uraian petunjuk atau solusi permasalahan

Paragraf selanjutnya  menuliskan bagaimana proses atau perkembangan agar mahir menulis artikel online, unsur-unsur apa saja yang mempengaruhi sebuah artikel dapat dikatakan berkualitas sehingga mesin pencari dapat menyuguhkannya kepada para pengguna internet.

Menguraikan dari efek mempelajari

Maksudnya adalah menguraikan apa saja efek yang terjadi setelah mempelajari pada uraian permasalahan diatas, misalnya :
"Setelah melakukan trik trik di atas akhirnya kini saya dapat menulis artikel dengan mudah dan seo friendly"

Referensi

Pada alinea terakhir anda boleh menuliskan sumber atau referensi dari mana pemahaman anda berasal, apakah dari sebuah karya tulis lain atau berdasarkan pengalaman dan pembelajaran secara otodidak.

Cara menulis artikel, mudah dan dapat dimengerti

Mungkin anda tidak mengerti apa yang saya tulis disini, namun saya yakin... itu adalah proses pembelajaran yang sedang anda alami. Saya sendiri berpikiran sama ketika membaca petunjuk bagaimana membuat sebuah artikel yang baik dan benar, beberapa istilah pribahasa atau bahasa jurnalistik pada artikel tersebut tidak saya mengerti.

Banyak menulis artikel adalah pembelajaran bagi anda agar dapat menulis artikel dengan baik, semuanya berproses, tidak langsung mahir... jadi jangan khawatir jika saat ini anda masih kebingungan dalam menulis artikel... lambat laun anda pun akan mahir.

Motivasi membuat artikel bagus

Kalau boleh saya bertanya, apakah saat ini anda mengetik dengan 2 jari saja? 4 jari? atau sudah menggunakan 10 jari? atau mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard?

Sama halnya dengan menulis artikel, awalnya hanya satu atau dua kata, makin sering menulis maka akan ada pembelajaran disertai meningkatnya keahlian (tehnik), semakin sering membuat artikel maka semakin matang intelektualitas artikel anda.

Label: , ,



| Cari Cara menulis Artikel SEO Friendly di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch