Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Dalam rangka perpisahan siswa dan siswi TK Al Ikhlas Cianjur, kali ini mengambil tempat cukup dekat untuk melaksanakan berbagai acara tersebut. Kekompakan para orang tua murid menjadikan acara tersebut cukup identik, nampak solid dengan penggunaan tshirt yang diseragamkan.

Mungkin Prolognya terlalu panjang, Untuk melihat susunan acara, langsung aja scroldown ke bawah.

Berangkat dari area sekolah pukul 07.30  (05-05-2015) menggunakan kendaraan khusus yang sudah disiapkan oleh panitia, wajah hingar bingar para murid dan orang tua mengiringi perjalanan menuju area wisata Taman Bunga Nusantara yang berlokasi di Jl. Hanjawat Pacet, Cipanas Cianjur.

Tiba di lokasi kurang lebih setelah menempuh waktu 30menit, para peserta langsung masuk ke area wisata dan menuju titik lokasi yang sudah ditentukan panitia.

Susunan acara yang di kemas panitia sudah cukup bagus, namun sepertinya ada beberapa hal yang harus di evaluasi, diantaranya :

Rundown Acara / Susunan Acara

Mungkin para peserta tidak mengetahui akan seperti apa acara / kegiatan tersebut berlangsung. Saya sendiri bertanya tanya, apa yang harus dilakukan setibanya ke titik lokasi, dan karena ketidak tahuan itu akhirnya saya buka timbel, makan dah. Bahkan bukan tidak mungkin jika di antara mereka malah menyusun acara sendiri sendiri, berfikir bagaimana agar acara dapat berkesan dan seru.

Ya, menurut saya susunan acara seharusnya di distribusikan kepada para peserta setidaknya 1 hari sebelum keberangkatan sehingga mereka dapat memahami apa saja kegiatan yang harus di ikuti, Sambutan-sambutan apa saja yang harus di dengarkan, kapan waktunya Makan, kapan waktunya berbagi, kapan dan kapan untuk kegiatan free program.

Permainan / Games

Saya pikir untuk kategori ini, peserta anak-anak TK sebaiknya mengusung acara hiburan, atau games interaktif dengan hadiah-hadiah kecil yang akan menjadi penyemangat anak-anak untuk berpartisipasi, dan ini juga berlaku bagi para orang tua murid.

Organ Tunggal

Kehadiran organ tunggal memang bagus, ini bisa dijadikan pengiring kegiatan ketika anak-anak bermain games interaktif, namun selera orang tua nyatanya berbeda.

Saya sendiri termasuk salahsatu orang tua yang ngeyel, datang, duduk, makan lalu tiduran tanpa memberikan kontribusi apapun.. hehe... bisanya ngomel.

Namun jika harus di tuliskan mestinya seperti apa sih acara tersebut agar berkesan bagi para peserta?

Saya tidak begitu mahir, namun memiliki penglaman lebih dari 5 tahun bekerja di Satoe Komunika Event Organizer.

Contoh susunan acara perpisahan tk

Susunan acara berikut ini semoga menjadi gambaran bagi siapapun agar panitia tidak stress dan peserta happy.

Syarat Peserta : Membuat 2 bingkisan masing masing senilai tidak lebih dari 5 ribu
MC, Artis dan keyboardist harus tiba lebih dulu untuk menyambut para peserta tiba di lokasi

Waktu Susunan Acara Keterangan
07.30 Berangkat menuju lokasi Taman Bunga
08.00 Tiba di lokasi, cek up peserta dan perlengkapan Entrance
08.15 Menuju titik lokasi Berjalan dengan tertib
08.30-09.00 Tiba di titik lokasi, disambut dengan iringan musik ringan dari organ tunggal, MC mengucapkan selamat datang dan langsung mengarahkan peserta untuk menempati area yang disediakan. Peserta istirahat Pemain Keyboard + Singer standby + MC
09.00 - 09.05 Pembukaan Acara MC Membuka acara dan menerangkan acara yang akan dilaksanakan
09.05-09.30 Sambutan-sambutan, pengumpulan bingkisan Sambutan dari guru, ketua komite dan pengumpulan bingkisan
09.30-09.15 hymne TK Alikhlas / nyanyian anak Para siswa dan siswi menyanyikan lagu yang selama ini dipelajarinya
09.15 - 10.15 Games Interaktif anak Kepiawaian MC membawa suasana meriah
10.15 - 10.25 Break / Singer nyanyi Singer dan keyvboardist menyanyikan 1 - 2 buah lagu
10.25 - 11.00 Games Interaktif Orang Tua Kepiawaian MC membawa suasana meriah
11.00 - 11.30 Istirahat / Makan Siang Makan siang di iringi alunan lagu ringan dari organ tunggal
11.30 - 12.00 Kesan dan pesan orang tua murid selama berada di TK Al ikhlas, boleh ditanggapi langsung atau tidak Curhat orang tua siswa (max 5 orang)
12.00 - 12.10 Penutupan acara, Bernyanyi bersama "Judul lagu: Perpisahan ini" atau jika sekolah memiliki lagu khusus perpisahan. Seluruh orang tua bernyanyi bersama, mungkin akan ada yang bersalaman, bermaaf-maafan atau sebagainya
12.10 - 12.15 Pengumuman-pengumunan, berdoa bersama Panitia memberitahu mekanisme kepulangan
12.15-13.30 Break, Sholat Dzuhur, Free Program Peserta dapat melakukan aktivitas free progra hingga batas waktu kepulangan
14.00 Tiba kembali di TK Al ikhlas ...

Contoh Games Interaktif anak

5 anak menyanyikan lagu anak-anak secara estafet.
    • Peserta 1 : Balonku adaa....
    • Peserta 4 : limaa, ruparupa...
    • Peserta 2 : Warnanya, merah kuning kelabuu...
    • peserta 5 : merah muda dan biru..
    • peserta 3 : Meletus balon hijau...
      Silahkan tentukan sendiri oleh MC secara acak, Begitu dan selanjutnya hingga lagu selesai, disini MC mengatur kapan giliran peserta 1, 2, 3, 4, 5 atau dipilih secara acak untuk menyambung lagu tersebut.

      Apa yang lucu dari game ini? konsentrasi anak yang lupa dengan lirik lagu tersebut akan menjadikan kelucuan yang cukup menghibur, dan semua peserta mendapat bingkisan yang di kumpulkan dari orang tua murid dan diberikan secara acak.

      Perlu bantuan untuk menyusun konsep acara perpisahan sekolah? silahkan tuliskan pada kolom komentar, atau dapat dilihat dari contoh Susunan acara yang dilaksanakan di area sekolah (lihat disini)

      Label: , , , ,

      Bagikan ke :
      facebook google+ twitter BBM

      Tulisan Acara Perpisahan TK Alikhlas Cianjur di Taman Bunga Nusantara ini ditulis pada Mei 05, 2015, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
      | Cari Acara Perpisahan TK Alikhlas Cianjur di Taman Bunga Nusantara di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch