Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Memenangkan sebuah kontes desain memang sangat membanggakan, lebih dari itu kita merasa senang sekali karena pastinya akan segera mendapat prize yang lumayan

Namun bagaimana jika tak kunjung memenangkan kontes? padahal sudah puluhan kontes di ikuti? Selain menyita waktu dan kesabaran.... tentunya hal ini sangat menyebalkan bukan?. Tak jarang desainer yang kalah malah mencaci desain yang dipilih oleh CH, mengatakannya jelek lah, jadul lah atau yang lainnya.

Dulu aku sering beranggapan bahwa desain yang aku kirim adalah bagus, dan pasti menang.... namun... ternyata malah di eliminasi dengan cepat.

Mengikuti kontes di menit-menit terakhir adalah kesalahan besar, walaupun sebagian pernah menang ketika mengirim entri 30 menit sebelum kontes usai dan kemudian dinyatakan sebagai pemenang kurang dari satu jam setelah kontes berakhir.

Sayapun pernah mengalami hal semacam ini, 1 jam sebelum kontes selesai, aku mengirim 6 entri di Guaranted Contest, tanpa feedback dan tanpa rating, namun 30 menit setelah kontes usai aku mendapat notifikasi "Congratulations, you award the prize $300 for bla..bla..bla..."

haha... selanjutnya aku berangan-angan..."Seandainya tiap jam aku mengikuti kontes di last minute dan menang??? haaaa... bisa kaya mendadak tuh.

Namun ini lah yang menjadi bencana di bulan Mei (Dramatisir Mode : ON), Aku mendesain sia-sia selama bulan Mei 2012 tanpa satupun kontes yang aku menangkan kareana terlena dengan menjadi pemenang kontes sebelumnya yang ikut di last minute. Bulan Mei... loss profit.

Berkaca pada kejadian tersebut akhirnya aku mencoba untuk bersabar dalam mengikuti berbagai kontes, namun tidak terlalu berambisi untuk menjadi kontestan pertama.

Nah... begitulah pengalaman yang saya alami selama bergabung di kontes desain.

Jadi... apa Tips dari saya?

  1. Jaga kesehatan, jangan terlalu berambisi terus-terusan mengikuti kontes siang malam. 8 jam saja cukup, bisa siang atau malam, atau tergantung waktu senggang.
  2. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat... tentunya nyari ide pasti sehat juga.
  3. Bergabunglah ke kontes jika sudah ada 10-30 entri, atau kontes sudah berjalan 1 hari.
  4. Jangan terlalu memaksakan mengikuti kontes jika sudah ada entri lain yang mendapat bintang 5
  5. Jika ingin mengikuti kontes desain lainnya, buatlah akun yang berbeda. Saya sendiri memiliki 3 akun, untuk desain logo, desain Advertising dan desain website. Selain menjadi rapih pada folio dan sepertinya ini sah selama 3 akun tersebut tidak mengikuti 1 kontes yang sama.
  6. Jika hanya mirip-mirip, Jangan suka melaporkan desain orang lain kecuali jika 100% copy, terlebih desain kawan sendiri (Orang Indonesia). Walaupun takut desain tersebut menjadi saingan, namun biarlah desainer lain yang mereport, atau beritahukan ke CH. Jangan salah lho... konsentrasi kita jadi hilang ketika mereport desain yang mirip dengan desain kita, atau berasal dari web lain, karena selama 24 jam kedepan pikiran kita hanya tertuju pada desain yang dilaporkan, berharap agar desain tersebut segera di delete/withdraw, terlebih kita malah menjadi emosi jika desain yang dilaporkan malah di setujui oleh 99design... nah... makin marah kan??
  7. Tak ada yang mengetahui anda secara persis bahwa anda adalah seorang Designer Otodidak, Tukang Setting, Designer Akademik, Designer Analist ataupun Designer profesor, yang pasti.. CH akan memilih desain yang disukainya tentunya yang sesuai dengan brief yang diberikan.
  8. Memberitahu CH tentang filosofi desain tanpa dimintai pendapat saya pikir tidak disukai oleh CH, Saya pernah membaca komentar yang ditujukan ke CH pada sebuah kontes "CH... please used a real designer to judge your design quality entries, don't rely on your stupid friends who don't really know the design at all......." wah... parah banget tuh..
  9. Jumlah "Won" pada profil memang sedikit mempunyai nilai jual, namun sebagian besar CH lebih menyukai desainer yang cepat tanggap jika memberikan feedback.
  10. Beberapa CH hanyalah sebagai penyedia jasa desain yang menjual lagi desain tersebut kepada pihak ketiga (Buyer sebenarnya), jadi bukan tidak mungkin jika desain berbintang rendah atau tanpa bintang sekalipun dapat mengalahkan desain bintang 5.

Terus berusaha dan belajar dari pengalaman...

Dapat US$5.000 dari 99designs

Nah... tips diatas hanyalah sharing pengalaman yang saya dapatkan selama 7 bulan bergabung di 99design, dan alhamdulillah selama waktu tersebut saya sudah mengantongi lebih dari $5000 (Pamer Mode : ON). Mungkin ini tidak seberapa... beberapa kawan desainer malah ada yang mendapatkan rata2 diatas $2000/bulan.

Jika anda pemula atau belum pernah memenangkan kontes, Cobalah awali dengan kontes banner/ads karena saingannya lebih sedikit, jangan lihat nilai hadiahnya dulu.

Lihat Desain dibawah ini bagaimana sebuah desain ads dapat mewakili websitenya

Labels: , , ,



| Cari Tips berkompetisi di Kontes Desain ala Enno DR di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch