Penyebab Motor Matic gak kuat nanjak : Kita kembali membahas motor tunggangan sehari hari ku, kini saya akan berbagi tips memperbaiki Motor Matic agar tangguh di tanjakan
Rumah saya terletak di pegunungan, kawasan pegunungan sebelum menuju puncak cipanas cianjur.
Saat kendaraan roda dua ku sudah terasa gak kuat nanjak, saya punya beberapa tips disini supaya motor matic jadi tangguh, kuat di tanjakan
Jika anda berada di wilayah perkotaan dimana kebanyakan jalan datar, sebaiknya untuk memperbaiki masalah motor matic tidak bertenaga di tanjakan adalah mengunjungi bengkel motor di daerah dataran tinggi, biasanya teknisi bengkel di daerah dataran tinggi lebih paham mengenai bagaimana caranya agar scooter jadi lebih tangguh di tanjakan karena mereka menggunakan jalan menanjak pada saat motor di tes
Agar motor matic kuat nanjak
Ini berdasarkan pengalaman saya sebagai pemakai Motor Yamaha Mio Sporty yang selalu melewati jalan menanjak, berliku serta menanjak panjang. Meski demikian saya tidak menjamin jika scooter mio menjadi benar-benar tangguh di tanjakan namun cara saya ini dapat membuat Mio lebih bertenaga di tanjakanKarburator adalah faktor utama Motor Mio gak bertenaga di tanjakan
Ya, karburator kurang sehat adalah penyebab mio menjadi tidak bertenaga, Karburator harus mendapat perawatan baik agar tetap prima (Baca : Memperbaiki masalah tarikan gas motor Mio)Jika merasakan tarikan gas motor mio gak mau full, gak bisa langsung di pelintir lalu malah batuk-batuk, nge plos atau ngeden di tanjakan bahkan di jalan datar, berarti masalah ada pada karburator (Baca : Cara mengatasi motor Mio Ngeden)
Vbelt mio sudah aus atau kendur
Salah satu faktor lain penyebab Mio tidak kuat nanjak adalah adanya masalah pada CVT (Continous Variable Transmission), biasanya kondisi atau sparepart yang ada di dalam block cvt sudah harus di ganti (Baca : Tanda-tanda vbelt matic akan putus / kendur)Ada masalah pada Instalasi pembakaran mesin
Biasanya mio gak bertenaga pasti ada masalah pada sistem pembakaran busi, yang perlu dilakukan adalah mengecek istalasi bahan bakar, bersihkan filter, terutama cek selang-selang karena kerusakan slang bensin + slang udara pada mio hampir kasat mata, masalah seperti ini dapat menyebabkan Mio gak bertenaga di jalan menanjak bahkan mogok gak bisa dinyalakan (Baca : Mengetahui penyebab mio mogok)Membuat Motor matic supaya Kuat Nanjak
Dari sekian banyak penyebab Motor Mio gak kuat melewati tanjakan, yang paling sering saya perbaiki dan mendapat perawatan ekstra adalah pada karburator dan kevakuman instalasi bahan bakar, sementara untuk block CVT saya lebih membiarkannya, bahkan pernah putus di tengah jalan ketika sedang asik meng gas di tanjakanBiaya memperbaiki motor mio supaya kuat nanjak
Service besar Block CVT Replace part harga antara 300rb - 800rb (Tergantung sparepart yang digunakan)
Perawatan Karburator harga antara 50rb - 150rb (bisa saja gratis jika dilakukan sendiri dirumah)
Saya bukan orang teknik, tapi sesekali menyenangi teknik meski tidak begitu hapal persis istilah dan bahasa teknik lainnya
Labels: bengkel, Kendaraan, Mio, mogok, Sepeda Motor, Yamaha