Cara membuat proposal sponsor atau Proposal sponsorship Event organizer agar mendapat sponsor event harus bagus, update dan fresh, lihat contohnya disini, Karena proposal yang baik akan mendapatkan sponsor yang bagus.
Team kreatif event organizer sepertinya tidak pernah kehabisan ide-ide bagus untuk memuaskan klien dan sponsor, unik kreatif dan memorable.
Team marketing Event Organizer yang gigih menyampaikan ide-ide tersebut yang dibantu oleh Graphic designer yang mengemas ide kreatif dalam bentuk proposal sponsor dengan sentuhan desain yang thematik, memukau, menarik untuk disimak dan tentunya mudah untuk dipelajari oleh calon sponsor
Membuat proposal sponsor untuk event yang baik, bagus, menarik dan berbobot merupakan sebuah keharusan, Karena yang akan membaca adalah para manajer yang akan mengambil keputusan atau menunjuk untuk menjadi seponsor.
Buatlah proposal ini dalam 2 versi, Softcopy atau hardcopy agar mudah didistribusikan kepada calon sponsor. Dan untuk keperluan presentasi, proposal harus dibuat semenarik mungkin tak hanya dari kualitas ide atau program, namun sentuhan graphis dan multimedia harus diperhatikan juga agar calon sponsor tidak bosan menyimak ketika proposal di presentasikan
Dibawah ini adalah Contoh Proposal Sponsorship
Berikutnya adalah kerangka cara membuat membuat proposal sponsor untuk event yang dikutip ketika masih bekerja di Satoe Komunika Indonesia event organizer 5 tahun silam, Dan ini hanya contoh kerangka proposal, isinya dapat di ubah sesuai dengan tema acara.
Penulisan deskripsi proposal harus secara lengkap dan harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar., jangan mencampur adukannya dengan bahasa lain, kecuali jika menggunakan bahasa istilah yang tidak bisa diterjemahkan.
Dalam penggunaan bahasa istilah harus memahami istilah tersebut jika digunakan dalam bidang yang tertentu
Deskripsi yang detail diciptakan dan dipakai dalam disiplin ilmu sebagai istilah teknik.
SPONSOR UTAMA: Menyediakan 75% anggaran biaya
SPONSOR PENDUKUNG: Menyediakan 25% anggaran biaya
SPONSOR ADS: Negotiable
CALON SPONSOR UTAMA
CALON SPONSOR PENDUKUNG
CALON SPONSOR ADS
PEMBUAT PROPOSAL
Begitulah proposal dalam bentuk kerangka ini, selebihnya anda dapat mengembangkannya, salam sukses
Team kreatif event organizer sepertinya tidak pernah kehabisan ide-ide bagus untuk memuaskan klien dan sponsor, unik kreatif dan memorable.
Team marketing Event Organizer yang gigih menyampaikan ide-ide tersebut yang dibantu oleh Graphic designer yang mengemas ide kreatif dalam bentuk proposal sponsor dengan sentuhan desain yang thematik, memukau, menarik untuk disimak dan tentunya mudah untuk dipelajari oleh calon sponsor
Membuat proposal sponsor untuk event yang baik, bagus, menarik dan berbobot merupakan sebuah keharusan, Karena yang akan membaca adalah para manajer yang akan mengambil keputusan atau menunjuk untuk menjadi seponsor.
Buatlah proposal ini dalam 2 versi, Softcopy atau hardcopy agar mudah didistribusikan kepada calon sponsor. Dan untuk keperluan presentasi, proposal harus dibuat semenarik mungkin tak hanya dari kualitas ide atau program, namun sentuhan graphis dan multimedia harus diperhatikan juga agar calon sponsor tidak bosan menyimak ketika proposal di presentasikan
Dibawah ini adalah Contoh Proposal Sponsorship
Berikutnya adalah kerangka cara membuat membuat proposal sponsor untuk event yang dikutip ketika masih bekerja di Satoe Komunika Indonesia event organizer 5 tahun silam, Dan ini hanya contoh kerangka proposal, isinya dapat di ubah sesuai dengan tema acara.
Contoh Proposal Sponsor
JUDUL PROPOSAL
DESKRIPSI
Adalah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh sponsor sebagai pihak tidak langsung mengalaminya sendiri.Penulisan deskripsi proposal harus secara lengkap dan harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar., jangan mencampur adukannya dengan bahasa lain, kecuali jika menggunakan bahasa istilah yang tidak bisa diterjemahkan.
Dalam penggunaan bahasa istilah harus memahami istilah tersebut jika digunakan dalam bidang yang tertentu
Deskripsi yang detail diciptakan dan dipakai dalam disiplin ilmu sebagai istilah teknik.
MAKSUD DAN TUJUAN.
Maksud dan Tujuan dari sebuah proposal adalah untuk memberitahukan hal positif dari sebuah kegiatan yang diajukan, selain itu muatan promosi sponsor harus diutamakan.SASARAN
Yakinkan pada calon sponsor bahwa ide-ide dalam proposal akan menyampaikan pesan sponsor tepat sasaran, jangan sampai mengajukan proposal konser dangdut pada produsen Nutrisi anakTEMPAT dan JADWAL KEGIATAN
Bagian ini akan menjelaskan waktu dan tempat yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan, dan ini sangat berhubungan dengan target sasaranRINCIAN BIAYA
Bagian ini akan menjelaskan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan yang tercantum dalam proposal.PERSONIL
Bagian ini menjelaskan susunan organisasi yang bertugas sebagai pelaksana kegiatan.KATEGORI SPONSOR
SPONSOR TUNGGAL: Membiayai seluruh anggaran biayaSPONSOR UTAMA: Menyediakan 75% anggaran biaya
SPONSOR PENDUKUNG: Menyediakan 25% anggaran biaya
SPONSOR ADS: Negotiable
BENEFIT SPONSOR
CALON SPONSOR TUNGGAL- point 1, Contoh: Sponsor menyediakan dana sesuai rincian biaya terlampir
- Point 2, contoh: Sponsor mendapatkan space untuk pemasangan banner, spanduk, ETC
- Point 3, Contoh: Sponsor mendapat stand tenda sarnafil 3X3m untuk display produk dan penjualan on the spot
- Dst
CALON SPONSOR UTAMA
- point 1
- Point 2
- Point 3
- Dst
CALON SPONSOR PENDUKUNG
- point 1
- Point 2
- Point 3
- Dst
CALON SPONSOR ADS
- point 1
- Point 2
- Point 3
- Dst
PEMBUAT PROPOSAL
- Point 1, Contoh: Penanggungjawab event bersama sponsor di 30 kota
- Point 2, Contoh: Menyediakan transportasi sponsor
- Point 3, Contoh: Menyiarkan live event di radio-radio terkemuka tiap kota selama 1 jam tanpa iklan brand lain
- Dst
PENUTUP
Cukup dengan ucapan terima kasih saja yang di perbesar ukuran fontnya.Begitulah proposal dalam bentuk kerangka ini, selebihnya anda dapat mengembangkannya, salam sukses
Labels: Event Organizer, Proposal, Sponsoship