Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Diterima kerja di perusahaan idaman merupakan sebuah pencapaian hebat, bagaimana Contoh surat lamaran kerja agar lamaran kerja di terima dan akhirnya anda bekerja di perusahaan tersebut.

Ingin melamar sebuah pekerjaan baru? Bagaimana kiat-kiat sukses agar lamaran kerja anda diterima?
Penyusunan strategi dalam mendapatkan pekerjaan merupakan langkah yang digunakan untuk meraih peluang yang lebih besar dalam rangka meraih peluang karir dan kerja anda.

Paling tidak terdapat lima langkah penting yang harus dilakukan. Jika anda melupakan satu saja dari hal tersebut, maka kemampuan anda akan melemah.

Inilah kelima langkah tersebut yang berkaitan erat dengan keberhasilan anda dalam pencarian peluang kerja.
  1. Memarketingkan diri
  2. Pembuatan surat pengantar yang dinamis
  3. Membuat isi riwayat hidup yang menampilkan percaya diri
  4. Miliki keahlian kuat dalam wawancara
  5. Lakukan follow up

Memarketingkan diri Persiapan bagian ini merupakan salah satu langkah penting dalam melakukan pencarian kerja. Kekuatan dari persiapan anda ini akan membawa anda melalui proses pencarian.

Persiapan tersebut meliputi:

  1. Ketetapan hati dalam menampilkan kekuatan dan kelamahan anda
  2. Mengevaluasi pekerjaan anda dan karir yang diminati
  3. Perkokoh jenjang karir anda dari satu ke yang lainnya
  4. Analisa secara geografis tentang daerah yang diminati
  5. Kembangkan daftar pekerja yang berpotensi
  6. Gunakan media yang mampu memperkenalkan diri anda ke daerah
  7. pencarian, sehingga orang-orang dengan mudah menemukan anda.
  8. Jalin hubungan dengan setiap orang yang mungkin dapat menyediakan jalur pekerjaan dan karir.
Cara terbaik untuk mempersiapkan dalam memperkenalkan diri anda adalah dengan menggunakan internet serta media lainnya, sehingga anda mudah dikenal oleh orang lain.

Membuat Surat Pengantar yang Dinamis

Ketika anda selesai mempersiapkan diri untuk diperkenalkan, pada langkah selanjutnya, anda dapat mempersiapkan surat pengantar untuk dikirimkan kepada mereka yang akan menerima anda.

Diantaranya adalah dengan :

  1. Alamatkan surat tersebut kepada personal
  2. Ambil perhatian pembaca pada paragrap pertama dalam surat tersebut.
  3. Tampilkan dengan rasa percaya diri, namun tidak orogan.
  4. Fokuskan pada prestasi, kepandaian dan kecakapan anda, bukan pada tanggung jawab.
  5. Tulis tidak lebih dari satu halaman.
  6. Gunakan kata kunci yang berkaitan penting dengan bidang kerja

 

Resume

Resume atau sebuah riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang menerangkan tentang pengalaman kerja anda, pendidikan anda serta training yang anda ikuti, serta keahlian anda dalam bekerja.

Pembiatan resume yang baik merupakan media marketing tentang diri anda. Anda harus mengenal tentang diri anda, dengan asumsi penerima kerja merupakan pembeli. Kenapa mereka harus merekrut anda? Resume anda merupakan media yang sangat membantu anda untuk itu. Kuncinya antara lain adalah:

  1. Dengan jelas menerangkan tentang diri anda
  2. Berisi informasi bagaimana penerima pekerja bisa mengontak anda
  3. Menerangkan tentang keahlian dalam karir anda, bidang yang diminati, dan kekuatan yang anda miliki,
  4. Fokus kepada keahlian, kepandaian serta prestasi yang anda miliki.
  5. Menjelaskan tentang keberhasilan anda dalam bidang pendidikan,
  6. Menggunakan kata kunci yang dibutuhkan oleh penerima kerja,
  7. Tidak lebih dari satu halaman untuk mereka yang baru saja menamatkan pendidikan, dan tidak lebih dari dua halaman untuk yang lainnya.

Tidak peduli bagaimana introvertnya anda, setiap orang dapat mempelajari bagaimana melewati proses wawancara dengan baik. Ini adalah hal yang mudah untuk mempelajari aturan dasarnya, lalu praktekkan, dan perbaiki teknik yang anda gunakan sesering yang anda bisa.

Perlu diingat, sehebat apapun marketing tentang diri anda, pembuatan surat pengantar, dan riwayat hidup anda, anda bisa-bisa kehilangan peluang jika proses wawancara ini tidak dilewatkan dengan baik. Berikut ini beberapa hal mendasar tentang wawancara tersebut.

Penampilan dan aksi pertama anda adalah kunci,


  1. Pewawancara umumnya dapat mengenal anda sekilas dalam waktu lima menit pertama,
  2. Penggunaan pakaian tidak hanya sebuah klise, gunakanlah pakaianmyang layak untuk proses tersebut.
  3. Anda perlu mencoba dan mengontrol tempo serta arah pembicaraan, jangan hanya merespon mereka, namun ambil juga inisiatif.
  4. Persiapkan juga jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pewawancara dengan baik.
  5. Persiapkan juga pertanyaan, sehingga memperlihatkan bahwa diri anda juga proaktif melalui proses wawancara ini.
  6. Perlu diingat, bahwa anda sedang menjual sebuah produk, yaitu diri anda sendiri, jadi jangan terlalu rendah hati.

Tindak lanjuti Ini merupakan domino terakhir yang penting untuk keberhasilan anda. Jika anda tidak menindaklanjuti mereka, anda bisa-bisa gagal di sini, yaitu pada langkah terakhir. Ikuti langkah berikut:

  1. Telpon mereka yang mewawancarai anda, tanyakan tentang wawancara,
  2. Telpon kembali mereka untuk menunjukkan minat anda, dan anda percaya diri untuk itu,
  3. Kirimkan surat pengantar dan riwayat hidup anda segera, terutama apabila mereka menanyakan hal ini.

Sumber: "Langkah Meraih Peluang" Jack Febrian, Dosen dan Praktisi Teknologi Informasi di Bandung
dikutip dari metroaktual.com

Labels: , , ,



| Cari Tips agar Lamaran Kerja diterima di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch