Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Motor Mio anda tiba tiba mogok? hal pertama yang langsung terpikir adalah apa penyebab Motor Mogok atau Mesin Motor tidak bisa di nyalakan,

Motor Mio tiba tiba Mogok

Penyebab dan Memperbaiki Motor MogokSecara umum, Mesin penggerak atau mesin Motor dapat berfungsi dengan baik tak lepas dari bahan bakar dan listrik, nah maka dari itu berikut ini saya rangkum apa saja yang menjadi penyebab sepeda Motor tiba-tiba Mogok, mesin mati dan tak bisa di hidupkan.

Memeriksa penyebab motor mogok

  1. Mulailah memeriksa Tangki Bahan Bakar, jika pengukur bensin masih berfungsi cukup dilihat saja di dasboard, jika menunjukan tangki bahan bakar kosong, maka isilah.
  2. Jika penyebabnya bukan pada poin diatas, Periksa instalasi atau saluran bahan bakar dari tangki ke mesin yang umumnya berupa selang-selang terbuat dari plastik dan karet. Pastikan pada tiap selang tidak mempet dan terpasang dengan erat, jika terdapat retak retak-retak pada selang bensin sebaiknya di ganti.
  3. Jika Saluran bahan bakar terlihat baik-baik saja, selanjutnya yang harus diperiksa adalah instalasi listrik, Aktifkan kunci kontak, tes dengan menyalakan klakson atau lampu sein, pastikan kelistrikan berfungsi normal, jika tidak menyala kemungkinan tegangan Aki (Accu) sudah lemah [Baca: Cara memperbaiki Aki Kering]
  4. Listrik nya normal kok, hmm... jika begitu cobalah cek Busi, mungkin tangan akan kotor mengingat letak busi ada pada slinderkop mesin, Cabut busi, sambungkan dengan kabel dan tempelkan pada body besi kemudian cek dengan menggunakan kick starter, pastikan Busi mengeluarkan percikan api. pada tahap ini sebaiknya berhati-hati karena Busi mengeluarkan listrik setara dengan listrik di rumah, dan jauhkan dari bensin.
  5. Jika busi tidak mengeluarkan api, berarti penyebabnya kemungkinan Busi tersebut atau CDI, cek satu persatu. (tahap ini sebaiknya dilakukan oleh montir bengkel)
  6. Periksa Karburator, buka bersihkan dan pastikan baik-baiksaja.
  7. Jika point 1 - 6 tidak ada masalah, langkah terakhir adalah membingkar mesin bagian pembakaran, mungkin bocor, aus atau belah, jika masalahnya ketemu maka perbaikilah.

Memperbaiki Motor Mio Mogok

Dari sekian banyak permasalahan yang bisa menyebabkan mesin kendaraan tidak bisa hidup atau mogok, pastikan jika ingin memperbaiki sendiri dirumah harus dilakukan dengan hati-hati serta menyadari resiko yang muncul afek dari ketidak fahaman tentang otomotif.

Saran saya, ketika sepeda motor mogok sebaiknya di bawa saja ke bengkel, meski harus mengeluarkan biaya setidaknya ada garansi jika kerusakan malah meluas..

Label: , ,



| Cari Penyebab dan Memperbaiki Motor Mio Mogok di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch