Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Kurang tahu percis kapan Aki Kering (Dry Accu) mulai di produksi serta digunakan secara massal, saya baru mengetahui sejak tahun 2006 silam ketika membeli sepeda motor baru jenis Honda Supra X 125.

Sesuai namanya, Ketika listriknya mulai lemah Dry Accu memang tak perlu cairan khusus (Zuur) agar dapat terus menyimpan listrik untuk keperluan instalasi listrik pada kendaraan.

Karena terbiasa menggunakan Aki Basah, dimana ketika arus tegangan listrik sudah lemah, cukup menambahkan Cairan Khusus isi ulang. Tehnik sederhana itu pun menjadikan Aki kering soak / lemah sudah bisa normal kembali.

Umur pemakaian

Kurang lebih 15-18 bulan semenjak memiliki motor baru, masalahpun muncul, Aki kering soak, aliran listrik mulai lemah sehingga menyebabkan mesin susah dihidupkan dengan electric starter, saat itulah kick starter mulai andil.

Meski sudah mengganti aki, dibeli harga berkisar 75ribu hingga 150rb rupiah (tergantung toko penjual), saat itu saya membeli harganya 115rb.

Cara memperbaiki Aki Kering

Bekasnya saya utak atik, siapa tahu berguna sebagai Cadangan, jika bisa diperbaiki mungkin memiliki nlai jual.

Cara memperbaiki nyaternyata cukup mudah seperti se sederhana memperbaiki Aki basah

Perlengkapan dan kebutuhan

  1. Mechanic Tool (Obeng Min, Tang dll)
  2. Accu Zuur (Cairan Aki Baru, bukan untuk isi ulang)
  3. Corong kecil (Alat buat memasukan Zuur)
Ternyata pada dasarnya Aki tersebut memiliki cara kerja juga sifat yang sama dengan Aki Cair, yang membedakan adalah ga ada lubang untuk mengisi ulang Accu Zuur ketika mulai lemah.

Langkah-langkah

  1. Agar leluasa sebaiknya lepaskan / cabut Accu dari motor
  2. Cara memperbaiki nya yaitu Buka Cap / tutup Aki menggunakan benda tipis keras, bisa menggunakan obeng pipih dan alat lainnya.
  3. Setelah tutup terbuka, maka akan terlihat (biasanya) ada 3 buah lubang ber penutup karet.
  4. buka karet penutup, masukan Acu Zuur hingga kira-kira tersisa 1cm dari atas, jangan sampai meluber terlalu penuh.
  5. Tutup kembali semua dengan rapat, jika perlu gunakan lem tambahan.
  6. Biarkan selama 10-15 menit sebelum di si pasang kembali pada motor.
  7. Sambungkan kabel-kabel, jangan sampai salah sebelum menyalakan motor.
  8. Nyalakan motor menggunakan kick starter dan biarkan menyala selama lebih kurang 10 menit bisa juga langsung dipake jalan-jalan (Stroom aki)
  9. Setelah 15menit, cobalah matikan motor dan gunakan electric starter untuk menyalakan kembali.
  10. Jika Electric Starter belum dapat menghidupkan mesin motor (masih lemah), cobalah lebih lama menyalakan mesinnya tentunya masih menggunakan kick starter, terkadang jika digunakan tidak akan terasa berapa lama di stroom, tahu-tahu Electrik Starternya udah berfungsi, ini berarti tidak lemah lagi.
Terima kasih telah membaca, semoga berhasil memperbaiki aki kering nya.

Label: ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Memperbaiki Aki Kering ini ditulis pada April 22, 2015, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Memperbaiki Aki Kering di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch