Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Beredar kabar bahwa di penghunjung tahun 2016 ini, tepatnya tanggal 19 Desember 2016 Bank Indonesia telah menebitkan berbagai pecahan mata uang logam dan kertas dengan desain baru, rasa penasaranpun memaksa saya untuk mengetahui desain terbaru Mata Uang Rupiah tersebut, dan yang paling menarik bagi saya adalah untuk lebih mengenal Sosok Tokoh Pahlawan yang tampil pada berbagai pecahan Mata Uang NKRI 2017 terbaru tersebut.

Siapa dan apa saja perjuangan pahlawan nasional yang tampil pada uang baru 2017 itu?

Gambar Tokoh Tokoh Pahlawan Uang NKRI 2017Boleh dibilang kurang Nasionalis jika tidak mengenal beberapa Tokoh Pahlawan yang tergambar pada beberapa pecahan mata uang baru 2017 tersebut. Mungkin waktu masih sekolah dulu saya terlalu banyak bolos sekolah pada mata pelajaran Sejarah, jamannya saya dulu mata pelajaran tersebut bernama PSPB kependekan dari Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa.

Kembali ke tokoh para pahlawan nasional yang menjadi gambar mata uang indonesia 2017, ya.. saya akui ada beberapa tokoh pahlawan yang kurang saya kenal terutama untuk Uang Pecahan Rp. 5.000 (5 ribu), Rp. 10.000 (10 ribu)
Siapa saja Para Pahlawan Nasional tersebut, dari mana asalnya, apa saja perjuangannya, dan apa saja jenis perjuangannya apakah Pahlawan melalui peperangan, perundingan atau diplomasi lainnya.

Gambar Tokoh Tokoh Pahlawan Uang NKRI 2017

Gambar Proklamator pada pecahan uang Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah)
Kita mulai dari pecahan mata uang 2017 dengan nilai tertinggi yaitu Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) yang masih menampilkan Gambar Proklamator dan juga Presiden Republik Indonesia ke-1 beserta wakilnya yaitu Ir. Soekarno dan Dr. Muhammad Hatta. 
Sepertinya tokoh ini tak perlu dijelaskan karena saya yakin seluruh Bangsa Indonesia sangat mengenal baik tokoh-tersebut.

Ir. H. Djuanda KartaWidjaja pada Pecahan uang Rp. 50.000,- (Lima puluh Ribu Rupiah)
Masih dengan warna dominan biru, Pecahan Uang Baru NKRI 2017 yang bernilai Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu rupiah) ini menampilkan Gambar Tokoh Pahlawan Nasional Asal Tasikmalaya yaitu Ir. H. Djuanda KartaWidjaja.
Apa yang diperjuangkan oleh Djuanda Kartawidjaja ini terjadi pada Deklarasi Djuanda pada tahun 1957 yang menyatakan bahwa perairan Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

G.S.S.S Ratulangi pada Pecahan uang Rp. 20.000,- (Dua puluh Ribu Rupiah)
Selanjutnya Mata Uang baru 2017 untuk nilai pecahan  Rp. 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah) yang menampilkan gambar sosok Pahlawan asal Manado yang perjuangannya melawan Pembodohan oleh Pemerintah Kolonial Belanda. 
Siapakah Pahlawan Nasional Tersebut? adalah G.S.S.S Ratulangi yang merupakan kependekan dari Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi dan lebih dikenal dengan Nama Sam Ratulangi.

Frans Kaisiepo pada Pecahan uang Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah)
Pahlawan Kemerdekaan Kebanggaan Warga Papua ini gambarnya telah menghiasi uang baru 2017 untuk pecahan Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah) yang desainnya masih dominan berwarna Ungu.
Frans Kaisiepo merupakan Pahlawan Kemerdekaan yang menentang dan melakukan perlawanan atas pendirian Negara Indonesia Timur (NIT) oleh Belanda hingga tersebutlah nama IRIAN yang merupakan singkatan dari Ikut Republik Indonesia Anti Netherland.

Dr. K.H Idham Chalid pada Pecahan uang Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah)
Beliau merupakan Politikus berpengaruh sekaliguh tokoh Nahdatul Ulama (NU) pada masa perjuangan, Tokoh pahlawan asal kalimantan Selatan ini telah menghiasi bagian depan uang baru indonesia 2017 untuk nilai pecahan Rp. 5.000,- (Lima ribu rupiah).

Muhammad Husni Thamrin pada Pecahan uang Rp. 2.000,- (Dua Ribu Rupiah)
Perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia dan juga Tokoh Organisasi Kaoem Betawi yang menjadi anggota dewan Rakyat di Hindia Belanda ini gambarnya menghiasi uang baru 2017 untuk nilai pecahan Rp. 2.000 (Dua ribu rupiah).

Tjut Mutia pada pecahan uang Rp. 1.000 (Seribu rupiah)
Sepintas mungkin itu seperti Tjut Nyak Dien yang sidah ada pada desain uang sebelumnya, tapi itu adalah Gambar Pahlawan Nasional dari Aceh, seorang wanita perkasa bernama Tjut Mutia.
Sekilas sejarah : Tjut Meutia adalah pahlawan nasional Indonesia dari daerah Aceh. Tjoet Meutia melakukan perlawanan terhadap Belanda bersama suaminya Teuku Muhammad atau Teuku Tjik Tunong. Namun pada bulan Maret 1905, Tjik Tunong berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe

Mr. I Gusti Ketut Pudja pada Uang Logam Rp. 1000 (Seribu Rupiah)
Dari pulau dewata, Pahlawan Nasional yang ikut serta dalam Perumusan Negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Bali dan Nusa Tenggara (saat itu masih bernama Sunda Kecil). I Gusti Ketut Pudja juga hadir dalam perumusan naskah teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda.

Letjen TNI T.B Simatupang pada uang logam Rp. 500,- (Lima ratus rupian)
Dengan nama lengkap Tahi Bonar Simatupang, tokoh asal Sumatra Utara ini merupakan Kepala Staf Angkatan Perang (KSAP) menggantikan Jendral Soedirman yang telah Wafat.

Dr. Tjiptomangunkusumo pada uang logam Rp. 200,- (Dua ratus rupiah)
Nilai paling kecil bukan ukuran untuk menilai besarnya jasa pahlawan, Dr. Tjiptomangunkusumo merupakan salah satu Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia yang saat itu dikenal sebagai "Tiga Serangkai" bersama E. Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara. Meski mereka kemudian berjuang di Jalur Pendidikan namun Dr. Tjiptomangunkusumo tetap berjuang dalam politik.
~o0o~

Nah, itulah tokoh-tokoh Pahlawan yang gambarnya telah menghiasi desain tampilan Uang Baru NKRI 2017 yang diterbitkan di penghujung tahun 2016 ini, semoga informasi ini bermanfaat, bisa menambah wawasan dan semoga menambah semangat untuk mengetahui wawasan lebih jauh tentang para Pahlawan Nasional Indonesia.

Jika ingin mengetahui ciri-ciri dan hal-hal lainnya dari mata uang baru tersebut, spesimen dan ciri-cirinya bisa di download di http://www.bi.go.id/

Keterangan mengenai perjuangan dan kepahlawanan untuk setiap Pahlawan Nasional diatas dikutip dari berbagai sumber. Maaf jika tidak dijelaskan mengenai Tarian, Bunga dan juga Nama Daerah yang ada pada Uang Baru NKRI 2017 tersebut.

Label: , ,



| Cari Siapa Tokoh-Tokoh Pahlawan pada Uang baru NKRI 2017 di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch